Temui Jokowi, Sri Mulyani Kaji Pelonggaran Pajak untuk Pacu Investasi

Ameidyo Daud Nasution
19 Februari 2018, 19:39
Jokowi BEI
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati siang ini menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka. Ada beberapa hal yang didiskusikannya dengan Presiden untuk mendorong peningkatan investasi dan perluasan usaha melalui instrumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Kami sedang memformulasikan bagaimana menggunakan instrumen APBN termasuk perpajakan di dalam rangka mendorong berbagai kegiatan yang memang menjadi prioritas," kata Sri yang ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan usai pertemuan dengan Jokowi, Senin (19/2).

Dia menjelaskan aturan pajak yang telah ada akan dimaksimalkan dalam memacu investasi, salah satunya adalah insentif libur pajak (tax holiday) ataupun keringanan pajak (tax allowance). Menurutnya hal ini juga akan dibahas di sidang kabinet paripurna dalam waktu dekat ini.

Selain itu ada juga revisi Pajak Penambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil sedan. Menurutnya ini sebaiknya dibarengi pertimbangan dalam peningkatan produksi mobil listrik. Dia merasa insentif mobil listrik penting agar masyarakat memiliki transportasi yang baik dan tidak menimbulkan emisi.

(Baca: Aturan Pajak Hambat Produksi Mobil Emisi Rendah Karbon)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...