Tujuh Bidang Pekerjaan Akan Tetap Eksis di Era Digital

Desy Setyowati
21 Februari 2018, 18:12
pengangguran, tenaga kerja
KATADATA | Arief Kamaludin

Digitalisasi telah menggerus lapangan pekerjaan di berbagai sektor industri. Namun, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyatakan, ada 7 bidang pekerjaan yang akan tetap eksis di era digital.

Mengutip penelitian McKinsey dan hasil diskusi World Economic Forum (WEF),  7 jenis pekerjaan itu ada di bidang teknologi komunikasi, industri kreatif, profesional, manajer, pelayanan kesehatan, pendidikan, dan konstruksi. 

“Di bidang industri kreatif, pekerja seperti seniman dan desainer tetap eksis, tidak akan tergantikan dengan teknologi apapun,” ujar Bambang saat seminar bertajuk ‘Quo Vadis Digital Ekonomi Indonesia’ di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (21/2).

Adapun, contoh pekerjaan profesional seperti ahli matematika, aktuaris, statistik, dan ahli teknik. Di bidang teknologi, seperti analis, pengembang perangkat lunak dan aplikasi, hingga broadcasting. Sedangkan di bidang pelayanan kesehatan, pekerjaan seperti dokter, bidan, perawat, serta asisten jasa kesehatan juga diproyeksi masih akan eksis.

McKinsey tersebut memproyeksikan bahwa 52,6 juta  atau 51,8% dari jumlah pekerjaan di Indonesia akan hilang akibat otomasi. Di Jepang, sebanyak 55,7% pekerjaan diperkirakan bakal hilang. Sementara di Malaysia, Cina, Australia, dan Singapura masing-masing hanya 51,4%, 51,2%, 44,9%, dan 44,2%.

(Baca juga: Tak Hanya Perbankan, Pekerjaan Lain Berpotensi Hilang di Masa Depan)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...