Proyek Wasambo Molor Lagi Hingga 2019

Anggita Rezki Amelia
23 Februari 2018, 16:40
Rig
Katadata

Proyek gas Walanga, Sampi-sampi dan Bonge/Wasambo di Sulawesi Selatan mundur lagi. Padahal, awalnya, proyek ini ditargetkan bisa beroperasi tahun 2016.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi/SKK Migas Wisnu Prabawa Taher mengatakan ada dua kendala proyek ini belum bisa berproduksi. Pertama, adalah pembeli gas.

Gas dari Wasambo nantinya akan dijual ke perusahaan daerah Sulawesi Selatan. Perusahaan daerah ini nantinya akan menjual lagi ke PT Perusahaan Listrik Negara/PLN (Persero). Namun, menurut Wisnu, higga kini Energi Equity Epic Sengkang (EEES) belum sepakat mengenai harga dengan perusahaan daerah tersebut.

SKK Migas menyerahkan kesepakatan harga kepada kedua belah pihak. Yang jelas, SKK Migas akan mendukung harga gas yang sesuai dengan keekonomian dan menguntungkan negara.

Kendala kedua proyek ini belum berproduksi adalah infrastruktur yang belum siap. Perusahaan daerah di Sulawesi Selatan itu belum menyelesaikan pembangunan fasilitas kilang mini gas alam cair (Liquefied Natural Gas/LNG).

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...