Ini Profil Perry Warjiyo, Calon Tunggal Gubernur BI Pilihan Jokowi

Martha Ruth Thertina
24 Februari 2018, 09:04
perry warjiyo
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.
Deputi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan pemaparan saat seminar ekonomi internasional di Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (28/4).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengirimkan surat kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) berisi calon Gubernur Bank Indonesia (BI). Beberapa sumber Katadata.co.id menyatakan, Presiden hanya mengajukan satu nama sebagai calon gubernur baru BI yaitu Perry Warjiyo.

“Saya dengar begitu,” kata seorang sumber di BI yang enggan disebutkan namanya, Jumat (23/2). Sumber lainnya membenarkan bahwa informasi tersebut berhembus kencang di internal BI.

Advertisement

Kabar Perry sebagai calon tunggal Gubernur BI yang diajukan Presiden kepada DPR, juga dibenarkan oleh sumber lain Katadata.co.id di pemerintahan. Meski begitu, belum ada keterangan resmi, baik dari pihak Istana maupun DPR.

Anggota Komisi Keuangan DPR Mukhamad Misbakhun membenarkan adanya surat pencalonan, namun isinya masih rahasia. “Yang tahu hanya ketua DPR,” kata dia. Surat akan dibacakan di Rapat Paripurna DPR, lalu dibahas di Badan Musyawarah (Bamus). (Baca juga: Jokowi Sudah Serahkan Nama Calon Gubernur BI ke DPR)

Nantinya, Bamus akan menugaskan Komisi Keuangan untuk melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) kepada calon yang dimaksud. Ketua Komisi Keuangan Melchias Marcus Mekeng sempat mengatakan uji kelayakan dan kepatutan kemungkinan bakal digelar pada April 2018 lantaran masa jabatan Agus Martowardojo sebagai Gubernur BI bakal berakhir pada Mei 2018.

Sebelumnya, Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi sempat mengungkapkan, ada empat nama yang disodorkan kepada Jokowi, yaitu Chatib Basri yang pernah menjabat Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro yang juga mantan Menteri Keuangan dan kini menjabat Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), petahana Agus Martowardojo, dan Perry.

(Baca juga: Ini Empat Nama Calon Gubernur BI yang Disodorkan ke Jokowi)

Indikasi pencalonan Perry sudah tercium sejak beberapa waktu lalu. Salah satunya lantaran Perry yang bakal habis masa jabatan sebagai Deputi Gubernur pada April mendatang, tak dicalonkan kembali. Meskipun, ia masih memiliki peluang untuk menjabat satu periode atau lima tahun lagi.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution, Hari Widowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement