Blusukan di Pasar Tanah Abang, Bos IMF Puji Jokowi dan Sri Mulyani

Ameidyo Daud Nasution
26 Februari 2018, 14:21
Jokowi dan Managing Director IMF Christine Lagarde
Katadata / Ameidyo Daud
Presiden Jokowi mengajak Managing Director IMF Christine Lagarde blusukan ke Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (26/2)

Presiden Joko Widodo pada hari ini menerima tamu yakni Managing Director International Monetary Fund Christine Lagarde. Pertemuan awalnya digelar di Istana Merdeka pada pukul 10.00 Waktu Indonesia Barat. Alih-alih memberikan keterangan usai pertemuan, Jokowi dan Lagarde lantas beranjak menuju dua tempat yakni Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) dan Pasar Tanah Abang Blok A.

Jokowi dan Lagarde tiba di RSPP pukul 11.20 lalu masuk dan berkeliling. Setelah 25 menit, keduanya keluar dan memberi keterangan kepada awak media sejenak, untuk selanjutnya berangkat kembali menuju pasar Tanah Abang Blok A. Di Pasar Tanah Abang, keduanya berkeliling beberapa lantai selama 30 menit.

Advertisement

Usai berkeliling, Jokowi dan Lagarde lalu kembali ke lobi untuk memberikan keterangan kepada awak media. Lagarde pun memberi apresiasi kepada Presiden Jokowi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani atas capaian kerja di sektor perekonomian Indonesia saat ini.

(Baca: Sri Mulyani, Wanita Berpengaruh ke-9 di Dunia Keuangan)

Hal ini terlihat dari semaraknya Pasar Tanah Abang, kekuatan industri tekstil, hingga jumlah wanita yang bekerja di sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang cukup banyak. Menurutnya, ekonomi Indonesia yang ditopang konsumsi, investasi, dan ekspor berjalan sangat baik. 

Secara khusus Lagarde mengaku terkesan dengan reformasi ekonomi yang saat ini dilakukan pemerintahan Jokowi-JK. Salah satunya dengan perizinan yang semakin mudah bagi sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dia pun menyarankan agar reformasi ini tetap dilanjutkan.

"Saya harap dapat dilanjutkan lagi terutama di sektor infrastruktur, edukasi, dan sosial," kata Lagarde. (Baca: IMF: Ekonomi Dunia Menguat, Terutama Negara Berkembang di Asia)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement