Lelang Koleksi Pejabat, Lukisan Teratai hingga Sepatu Kulit Palsu

Rizky Alika
26 Februari 2018, 17:38
Kementerian Keuangan
Arief Kamaludin|KATADATA

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan bakal menyelenggarakan lelang sukarela koleksi pribadi milik pejabat untuk memperingati 110 Tahun Lelang. Wakil Presiden, beberapa meteri dan pejabat eselon satu ikut berpartisipasi. Koleksi yang dilelang punya kenangan menarik dengan limit harga yang tidak tinggi.

Terdapat 54 barang yang bakal dilelang. Limit paling tinggi dibanderol untuk lukisan bunga teratai milik Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Suprajarto yaitu senilai Rp 15 juta. Sedangkan limit yang paling rendah sebesar Rp 1.000, yaitu sepatu dinas harian Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi yang sempat diyakini berbahan kulit asli padahal palsu.

Menurut Direktur Lelang Kementerian Keuangan Lukman Effendi, penyelenggaraan lelang tersebut bakal menambah Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) lantaran ada bea lelang yang dipungut. Adapun dana hasil lelang, rencananya akan disumbangkan. “Kalau semua sepakat, nanti kami sumbangkan ke pendidikan,” kata dia saat konferensi pers di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Senin (26/2). 

Rencananya, lelang sukarela koleksi pejabat tersebut bakal digelar pada Rabu (28/2) di Gedung Galeri Nasional Indonesia, Jalan Medan Merdeka Timur Nomor 14, Jakarta Pusat, pada pukul 10.00 WIB. Lelang sukarela akan dilaksanakan di hadapan Pejabat Lelang Kelas I pada KPKNL Jakarta I. Masyarakat yang ingin mengikuti lelang perlu memenuhi syarat memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Pokok Waji Pajak (NPWP).

Secara rinci, pejabat yang ikut melelang barangnya yaitu Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, dan Menteri Luar Negeri Retno Lestari. Lalu ada Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, dan Menteri Perhubunvan Budi Karya. 

Kemudian, Sekjen Kementerian Keuangan Hadiyanto, Dirjen Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata, Dirjen Pajak Robert Pakpahan, Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi, Dirjen Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono, Dirjen Perimbangan Keuangan Boediarso Teguh, dan Dirjen PPR Luky Alfirman.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...