Lelang Koleksi Pejabat Raup Rp 240 Juta, Sepeda Budi Gunawan Tak Laku

Rizky Alika
28 Februari 2018, 21:28
lelang
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Lelang sukarela barang kenangan pejabat dalam rangka memperingati 110 Tahun Lelang telah selesai. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan mencatat lelang berhasil mengumpulkan Rp 239,28 juta. Dari keseluruhan barang yang dilelang hanya satu yang tersisa, yaitu sepeda milik Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan.

Secara rinci, sebanyak 40 Lot lelang konvensional limit Rp 61,70 juta terjual Rp 164,09 juta atau 266% dari limit. Kemudian, sebanyak 15 Lot lelang e-auction limit Rp 15,61 juta terjual Rp 36,14 juta atau 231% dari limit. Lalu, sebanyak 4 Lot penjualan spontan terjual 3 Lot dengan total Rp 39,05 juta, sedangkan 1 lot sisanya belum terjual, yaitu sepeda Kepala BIN.

Sepeda tersebut belum terjual lantaran limitnya terlalu mahal yaitu Rp 25 juta. Meski begitu, barang tersebut akan tetap dicoba untuk dilelang kembali. "Kemungkinan bakal dilelang melalui e-auction," kata Kepala Subdit Bina Lelang II DJKN Kemenkeu Eris Eka Sundari, Rabu (28/2).

(Baca juga: Gitar Menhub Dilelang, Sri Mulyani Khawatir Tak Bisa Main Musik Lagi)

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan hasil dari lelang koleksi pribadi akan digunakan untuk donasi sosial. Ia menepis adanya kabar yang mengatakan hasil lelang akan masuk ke dalam Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN).

"Uang ini bukan uang APBN. Koleksi pribadi, jadi untuk uang pribadi nanti akan buat sosial. Benda yang dilelang ada sertifikatnya," kata dia. (Baca juga: Lelang Koleksi Pejabat, Lukisan Teratai hingga Sepatu Kulit Palsu)

Rencananya, hasil lelang akan disumbangkan untuk membantu merenovasi 200 ribu sekolah yang kelasnya rusak. Hasil lelang akan disalurkan oleh Aktor Reza Rahadian bersama dengan Yayasan Persahabatan Indonesia Kanada (YAPIKA).

Selain menggelar lelang sukarela koleksi pejabat, DJKN juga menyelenggarakan pekan lelang atau auction week yang secara serentak diselenggarakan di kantor DJKN seluruh Indonesia, di antaranya lelang atas rampasan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...