Pertamina Hulu Energi Siak Tajak Sumur Eksplorasi Kumis-2

Anggita Rezki Amelia
5 Maret 2018, 08:58
Sumur Minyak
Chevron

PT Pertamina Hulu Energi/PHE melalui anak perusahannya PT Pertamina Hulu Energi Siak/PHE Siak melakukan tajak sumur eksplorasi Kumis-2di Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Tajak yang dilakukan Kamis (1/3) lalu itu dalam rangka komitmen perusahaan mencari cadangan minyak dan gas/migas.

Direktur Eksplorasi PHE Siak Abdul Mutalib Masdar mengatakan Sumur Kumis-2 adalah salah satu target pengeboran eksplorasi PHE tahun 2018. “Melalui pengeboran sumur eksplorasi ini diharapkan dapat menemukan cadangan prospek baru yang ekonomis dan komersial,” kata dia berdasarkan keterangan resminya akhir pekan lalu. .

PHE Siak akan melakukan pemboran akhir sedalam 900 kaki dengan estimasi pekerjaan selama 27 hari untuk pencarian minyak sebagai target utama. Sebelumnya tim Eksplorasi PHE Siak telah melakukan rangkaian kajian ulang dan re-interpretasi data secara matang menggunakan teknologi untuk menemukan struktur prospek cadangan migas ini.

Sumur Eksplorasi Kumis-2 diperkirakan memiliki cadangan terambil sebanyak 2,10 MMBO. Harapannya  tajak sumur ini dapat menambahkan produksi rata-rata 200-300 barel per hari/bph untuk Blok Siak.

Adapun target produksi minyak bumi di Blok Siak tahun 2018 sebesar 1.805 BOPD. “Namun diharapkan target ini akan terlampaui seperti tahun 2017,” ujar General Manager PHE Siak Nana Heriana.

Karakteristik minyak di Lapangan Kumis ini berjenis minyak berat (Heavy Oil). Sehingga akan dibutuhkan metode thermal Huff & Puff untuk menstimulasi sumur dengan melakukan injeksi steam yaitu uap air yang bertekanan dan bertemperatur tinggi.

(Baca: Pertamina Hulu Energi Naikkan Target Produksi Tahun Ini)

Dalam melakukan kegiatannya PHE Siak mengutamakan keselamatan dan menjunjung tinggi “Zero LTI, Zero Fatality” untuk selalu dibudayakan di setiap lini aktifitas kegiatan operasi. PHe juga mengklaim proyek pengeboran Kumis-2 juga sepenuhnya dilakukan oleh tenaga kerja dalam negeri.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...