Arcandra: Murphy Oil dan BP Kaji Peluang Ikut Lelang 26 Blok Migas

Arnold Sirait
12 Maret 2018, 18:53
Rig
Katadata

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan saat ini ada dua perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asing yang mengkaji peluang ikut lelang 26 blok migas. Ini merupakan hasil kunjungan kerja ke Amerika Serikat 7-8 Maret 2018 lalu.

Dalam kunjungan kerja itu, Arcandra mendatangi beberapa perusahaan migas, di antaranya Conoco Philips, British Petroleum (BP), Exxon, dan Murphy Oil Corporation. Dia bertemu CEO Murphy Roger Jenkins, Rabu (7/3) di Houston, Texas. Pertemuan juga dihadiri Executive Vice President, Gene Coleman dan Walt Hamilton, Senior Busines Development Manager Murphy Exploration & Production, Co.

Menurut Arcandra, CEO Murphy akan mengkaji lagi portofolio investasi mereka termasuk penawaran 26 wilayah kerja yang baru di buka di Indonesia. “Ini adalah langkah positif mengingat Murphy telah keluar dari investasi di Indonesia pada 2015," kata dia melalui keterangan resminya, Jumat (9/3).

Murphy Oil Company adalah perusahaan eksplorasi dan produksi migas yang mempunyai aset di lepas pantai (offshore) dan darat (onshore) di Amerika Serikat, Kanada, dan Malaysia. Pertamina mempunyai saham sebesar 30 % untuk aset Murphy di Malaysia. Saat ini, Murphy mempunyai cadangan terbukti sebesar 685 MMBOE dan produksi sebesar 176 MBOEPD.

Selain Murphy, BP juga tertarik ikut lelang 26 blok migas yang pemenangnya akan menggunakan skema kontrak bagi hasil gross split. “Pada pertemuan dengan BP, COO BP North America, William Lin, menyatakan bahwa dengan advanced technology BP tertarik untuk melihat potensi 26 WK yang telah dilelang pada Februari lalu,” kata Lin dalam keterangan resmi Kementerian ESDM.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...