Kimia Farma Siapkan Rp 2,3 T untuk Akuisisi 7 Perusahaan Tahun Ini

Image title
12 Maret 2018, 20:48
Kimia Farma
kimiafarma.co.id

PT Kimia Farma (Persero) Tbk menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 3,5 triliun tahun ini. Dari total tersebut, perusahaan berkode KAEF ini menyiapkan Rp 2,3 triliun untuk mengakuisisi perusahaan.

"Total Rp 3,5 triliun itu organik sama unorganik. Nah, untuk unorganik, akusisi Rp 2,3 triliun," ujar Direktur Utama Kimia Farma Honesti Basyir di Hotel Grand Mercure, Jakarta, Senin (12/3).

Advertisement

Dia mengatakan target perusahaan yang akan diakuisisi ini untuk melengkapi usaha yang sudah dijalankan oleh KAEF selama ini. Utamanya perusahaan-perusahaan yang memiliki produk berbeda dengan yang diproduksi Kimia Farma.

Namun, Honesti tidak merinci lebih banyak soal rencana akuisisi ini. Dia hanya berharap rencana tersebut dapat direalisasi pada semester I tahun ini. "Saya tidak boleh ngomong apa-apa, karena masih on progress. Mudah-mudahan di tahun ini selesai, semester l," katanya.

Direktur Keuangan Kimia Farma IGN Suharta Wijaya menambahkan perusahaannya berencana mengakuisisi 6 atau 7 perusahaan dalam negeri di tahun ini. Perusahaan yang sedang dipantau KAEF, bergerak di bidang obat-obatan injeksi, alat kesehatan, kosmetik, dan rumah sakit.

“Saat ini sedang tahap due diligence (uji tuntas) dengan perusahaan ini, tapi prosesnya masih panjang. Paling besar potensinya untuk diakuisisi perusahaan farmasi (obat-obatan injeksi),” kata Suharta, ditemui pada kesempatan yang sama.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement