Iklim Usaha Membaik, Pebisnis Amerika Akan Tingkatkan Investasi

Dimas Jarot Bayu
14 Maret 2018, 16:31
Gedung pertumbuhan
Arief Kamaludin|KATADATA

President & CEO US-Asean Business Council Alexander C. Feldman menyatakan akan terus berinvestasi di Indonesia. Iklim investasi di Indonesia yang semakin membaik menjadi pendorong para pebisnis Negeri Paman Sam itu untuk tetap menaruh modalnya di Tanah Air.

Walau demikian, Feldman mengungkapkan saat ini masih banyak tantangan yang dihadapi Indonesia dalam meningkatkan iklim investasi dan tingkat kemudahan berbisnis (ease of doing business/EODB). “Masih ada tantangan di mana-mana. Presiden (Joko Widodo) sendiri menyampaikan hal tersebut kemarin. Namun saya pikir hal tersebut kian membaik,” kata Feldman di Kemenko Maritim, Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Advertisement

Menurut Feldman, investasi dari Amerika Serikat akan bergantung terhadap bagaimana Indonesia memperbaiki iklim investasinya. Saat ini, Amerika memang hanya menjadi negara dengan investasi terbesar keenam di Indonesia. (Baca juga: Jokowi Janjikan Kebijakan Ekonomi Baru kepada Investor Amerika).

Namun demikian, investasi dari Singapura -yang menjadi investor terbesar di Indonesia- sebenarnya juga berasal dari perusahaan Amerika. Sehingga, Feldman menilai Amerika Serikat sebenarnya menjadi negara dengan total investasi terbesar kedua atau ketiga di Indonesia.

Data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menunjukkan bahwa Singapura menjadi investor asing terbesar di Indonesia. Selama 2017, investasi dari Negeri Singa itu mencapai US$ 8,4 miliar. Adapun investasi Amerika Serikat hanya US$ 2 miliar.

“Kami sedang berkembang. Kami sudah berada di sini dan kami akan melanjutkan investasi,” kata Feldman. (Baca juga: Arcandra Promosi Gross Split ke Banyak Investor Migas di AS).

Ke depan, dia melihat investasi potensial bagi pelaku usaha Amerika terutama pada sektor pariwisata. Dengan berinvestasi di sektor tersebut, mereka juga akan memberi pelajaran bagi masyarakat mengenai tantangan pariwisata dan masalah sampah plastik.

“Dan memastikan bahwa kegiatan pariwisata berlangsung di seluruh nusantara dengan inisiatif Sepuluh Bali Baru,” ujarnya. (Lihat pula: Kembangkan 7 Infrastruktur di Batam, Pemerintah Butuh Rp 93 Triliun).

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement