Dikenai Bea Masuk Tinggi, Ekspor Sawit ke India Mulai Melemah

Michael Reily
22 Maret 2018, 18:02
Kelapa sawit
Arief Kamaludin|KATADATA
Petani memanen buah kelapa sawit di salah satu perkebunan kelapa sawit di Desa Delima Jaya di Kecamatan Kerinci, Kabupaten Siak, Riau.

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) meminta pemerintah Indonesia bisa segera melobi otoritas  India  guna menurunkan bea masuk yang dikenakan untuk produk sawit beserta turunannya. Pasalnya, hal itu telah berdampak pada turunnya ekspor minyak sawit mentah  (Crude Palm Oil/CPO) ke India pada dua bulan pertama 2018  sekitar 15%.

Ketua Umum Gapki Joko Supriyono menyatakan tarif yang diberlakukan India dinilainya  tidak adil dan mengandung unsur diskriminasi komoditas. “Perlu dipersoalkan, karena memperlakukan kelapa sawit yang tidak adil,” kata Joko, Rabu (21/3).

Advertisement

Ekspor sawit Indonesia ke India saat ini dikenakan tarif impor sebesar 7,5% hingga 15%, dengan tarif untuk produk turunan sawit sebesar 15% sampai 25%. Tantangan menjadi kian berat ketika pemerintah India berencana  menambah tarif kepabeanan sebesar 45% untuk produk sawit dan 54% untuk produk turunan sawit.

(Baca : Pengusaha Khawatirkan Tambahan Bea Masuk Sawit ke India)

Joko menjelaskan, ekspor yang terjadi pada Januari dan Februari 2018 telah mencatat penurunan  dibandingkan realisasi  2017. “Sudah ada gejala penurunan ekspor ke India. Kalau tak salah penurunanya 12%-15%  di Januari dan Februari dibanding tahun lalu,” tuturnya.

Padahal, India saat ini merupakan pasar terbesar untuk produk sawit Indonesia dengan volume mencapai 7,6 juta ton CPO. Sehingga, tarif tinggi menyebabkan daya saing produk sawit Indonesia melemah.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement