Pemerintah Nilai Pertamina Bisa Tutupi Kerugian BBM dari Blok Mahakam

Anggita Rezki Amelia
23 Maret 2018, 18:39
Spbu bbm
Katadata | Arief Kamaludin

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral/ESDM menilai keuntungan dari pengelolaan Blok Mahakam yang diberikan ke PT Pertamina (Persero) bisa menutupi kerugian penjualan harga Bahan Bakar Minyak/BBM. Ini merespons adanya kerugian yang diderita Pertamina akibat kebijakan pemerintah yang tidak menaikkan Premium dan Solar subsidi.

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi/Migas Ego Syahrial mengatakan keuntungan bersih dari pengelolaan Blok Mahakam bisa mencapai sekitar Rp 7 triliun setiap tahunnya. Adapun potensi kehilangan pendapatan akibat tidak ada kenaikan harga Premium dan Solar subsidi sejak Januari hingga Februari mencapai Rp 3,9 triliun.

Advertisement

Atas dasar itu, menurut Ego tidak benar pemerintah tidak peduli dengan Pertamina. “Jadi jangan sampai ada pernyataan bahwa pemerintah itu membiarkan Pertamina. Tidak ada," kata dia di Jakarta, Jumat (23/3).

Adapun alasan pemerintah tidak menaikkan harga Premium dan Solar subsidi untuk mendukung daya beli masyarakat. Sehingga tidak memberatkan masyarakat.

Untuk meringankan beban Pertamina, pemerintah akan menambah subsidi Solar sebesar Rp 500 per liter, sehingga subsidi solar menjadi Rp 1.000 per liter. "Nanti mekanisme simple saja. Kalau parlemen minimal mereka menyatakan tidak mendukung kenaikan BBM, itu sudah menjadi dasar yang kuat mengirim surat kepada Menteri Keuangan untuk merasionalkan subsidi," kata Ego.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement