Gantikan Bapertarum, BP Tapera Disuntik Modal Pemerintah Rp 2,5 T

Image title
23 Maret 2018, 10:30
Perumahan
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Pemerintah menyiapkan dana Rp 2,5 triliun untuk modal awal Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera). Namun, modal ini tidak bisa digunakan untuk operasional, melainkan hanya diendapkan sebagai kapitalisasi BP Tapera.

"Modal awal memang disiapkan oleh pemerintah sekitar Rp 2,5 triliun yang digunakan BP Tapera, jadi tidak boleh menganggu uang peserta," ujar Direktur Utama Bapertarum-PNS Heroe Soelistiawan di Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (22/3).

Heroe menjelaskan biaya operasional yang akan digunakan BP Tapera berasal dari suku bunga modal Rp 2,5 triliun tadi. Jika suku bunga yang didapat dari modal yang dikapitalisasikan ini sebesar 5 persen per tahun, maka biaya operasional yang bisa digunakan BP Tapera sekitar Rp 125 miliar per tahun.

(Baca: Dibubarkan, Aset Bapetarum Akan Dibagikan untuk PNS dan Pensiunan)

Dia belum bisa memberitahukan berapa perkiraan biaya operasional BP Tapera setiap tahunnya. Apakah perhitungan bunga yang didapat dari modal awal ini masih cukup atau tidak. Apabila dirasa kurang, BP Tapera bisa menggunakan sumber dana lainnya.

"Nanti, kalau misalkan kurang, dimungkinkan ngambil dari hasil pemupukan (dana peserta Tapera). Tetapi, diusahakan menggunakan dana yang ada dari hasil pemupukan dari modal," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...