Prosesnya Harian, Jokowi Enggan Puji Penyederhanaan Izin Kemenkeu

Ameidyo Daud Nasution
28 Maret 2018, 11:13
Jokowi Sri Mulyani
ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma
Presiden berdiskusi dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani

Presiden Joko Widodo masih belum mau mengapresiasi sepenuhnya upaya penyerderhanaan proses perizinan di Kementerian Keuangan. Alasannya penyederhaaan izin di lingkup kementerian ini belum sesuai dengan apa yang diharapkannya. 

Dia mengungkapkan sebenarnya kementerian yang dipegang Sri Mulyani ini sudah sukses memangkas lama proses perizinan dari yang sebelumnya bulanan menjadi harian. Salah satunya adalah Perizinan Nomor Pokok Pengusaha Kena Cukai yang dipangkas dari 30 hari menjai 3 hari.

Advertisement

Meski begitu, Jokowi merasa hal ini tidak perlu diapresiasi sebelum Menteri Keuangan Sri Mulyani serta para eselon I Kemenkeu memperbaiki lagi hingga hitungan jam. "Tidak usah tepuk tangan, masih hitungan hari soalnya," kata Jokowi dalam acara peluncuran perizinan online dan silaturahmi dengan para pengguna fasilitas kepabeanan di Cileungsi, Bogor, Selasa (27/3).

Memang tidak semua perizinan di Kementerian Keuangan yang pengurusannya masih memakan waktu berhari-hari. Jokowi mengungkapkan ada beberapa proses perizinan di kementerian tersebut yang sudah bisa selesai dalam hitungan jam. Salah satu contohnya adalah izin penimbunan barang yang dipangkas dari 10 hari jadi 1 jam. Selain itu ada pula izin kemudahan impor untuk ekspor dari 30 hari jadi 1 jam.

"Yang saya harus apresiasi juga adalah izin kawasan berikat yang turun dari 45 menjadi 3 izin saja," kata Jokowi. (Baca: Jonan Cabut Lagi Puluhan Aturan di Sektor Energi)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement