Tiga Fintech Tawarkan Kredit Pendidikan bagi Mahasiswa

Pingit Aria
3 April 2018, 13:11
Fintech
Arief Kamaludin | Katadata

Layanan keuangan berbasis teknologi digital atau financial technology (fintech) berkembang semakin pesat. Di sektor pembiayaan, fintech telah menawarkan bermacam kredit dari mulai pinjaman mikro untuk pengusaha kecil, hingga untuk kegiatan konsumsi. Terbaru, tiga perusahaan fintech menawarkan akses kredit untuk pembiayaan pendidikan tinggi bagi mahasiswa.

Salah satu perusahaan yang aktif memberikan solusi pembiayaan pendidikan adalah Dana Cita. Dengan dukungan Y Combinator yang berbasis di Silicon Valley, Dana Cita yang baru berjalan mulai tahun lalu telah memberi pinjaman bagi ratusan mahasiswa di 27 perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia.

Co-Founder Dana Cita, Susli Lie menyatakan, Dana Cita memberikan kesempatan bagi siswa untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan hingga 100% dari biaya kuliah. "Dengan jangka waktu pinjaman hingga enam tahun dan pembayaran bulanan yang ringan," kata Susli di Chubb Square, Jakarta, Selasa, (3/4).

(Baca juga: Terdaftar di BI, 15 Fintech Boleh Kerja Sama dengan Perbankan)

Pengalaman Susli dalam memimpin proyek pembiayaan pendidikan di negara berkembang bagi Bank Dunia dan Bank Pembangunan Asia, telah menginspirasi dirinya dan juga rekannya untuk membuat produk yang mampu memberikan solusi terhadap tantangan yang dihadapi siswa Indonesia.

Susli juga percaya fintech di bidang pendidikan akan memiliki peluang tumbuh yang baik. "Melihat data demografi penduduk yang didominasi usia muda, pertumbuhan ekonomi yang positif dan besarnya anggaran pemerintah untuk membiayai pendidikan dasar dan menengah, kebutuhan pembiayaan bagi pendidikan tinggi hanya akan semakin besar," ujarnya.

Perusahaan lain yang turut aktif dalam pembiayaan di bidang pendidikan tinggi adalah DANAdidikcom. Platform ini memberikan fasilitas pembiayaan kepada siswa dengan skema crowdfunding. "DANAdidik.com memberikan pinjaman jangka panjang, hingga 4 tahun dengan model pembagian pendapatan sehingga tidak membebani siswa," kata Co-Founder DANAdidikcom, Dipo Satria Ramli.

Halaman:
Reporter: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...