Grab Targetkan 100 Juta Mitra Wirausaha di Asia Tenggara pada 2020

Desy Setyowati
7 April 2018, 07:00
Grab
Katadata/Desy Setyowati
Country Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata di Jakarta, Jumat (6/4).

Setelah mengakuisisi bisnis Uber di Asia Tenggara, Grab menargetkan bermitra dengan 100 juta wirausaha pada 2020. Caranya, dengan memperluas layanan bisnis, mulai dari transportasi, pesan antar makanan, hingga layanan keuangan.

Country Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengklaim, Grab telah bermitra dengan lebih dari 3 juta pengusaha kecil di Indonesia. “Kami memproyeksikan bisa menciptakan peluang pendapatan bagi 100 juta wirausaha (se-Asia Tenggara) di 2020," ujarnya di Jakarta, Jumat (6/4).

Salah satu langkah yang sudah diterapkan adalah memperluas cakupan GrabFood, dari enam menjadi 28 kota sejak awal tahun ini. Yang mana, data per Januari 2017 lalu menunjukan, Grab sudah bermitra dengan 300 ribu merchant makanan dan minuman.

(Baca juga:  Grab dan Go-Jek Kini Berebut Mantan Pengemudi Uber)

Di awal tahun ini, Grab bekerja sama dengan perusahaan kartu kredit Jepang Credit Saison Co Ltd mendirikan Grab Financial Services Asia. Nantinya, layanan ini akan diperkenalkan di Indonesia, sehingga bisa merekrut lebih banyak mitra untuk bisnis Payment Point Online Bank (PPOB).

Transaksi itu berupa transfer uang, pembayaran tagihan pembiayaan, pulsa, paket data internet, token listrik, TV berlangganan, belanja online, asuransi, iuran jaminan kesehatan, game voucher, hingga tiket perjalanan. Yang mana, layanan PPOB ini juga sudah bermitra dengan Kudo dan PayTren.

Dari sisi moda transportasi, Grab juga sudah kerjasama dengan Induk Koperasi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Inkopol), sehingga bisa beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta, Halim Perdana Kusuma, dan Husein Sastranegara. Selain itu, Grab juga menggaet PT Kereta Api Indonesia (KAI), sehingga tersedia di 49 stasiun. "Kami juga akan jajaki kerja sama dengan moda transportasi lain seperti Trans Jakarta," kata dia.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...