Menteri LHK Prediksi 2 Penyebab Pipa Minyak Putus di Teluk Balikpapan

Ameidyo Daud Nasution
10 April 2018, 09:53
Menteri LHK Siti Nurbaya
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya memprediksi ada dua kemungkinan yang menyebabkan patahnya pipa minyak di Balikpapan, sehingga mencemari kawasan teluk. Namun, kementeriannya belum bisa memastikan hal ini dan masih mencari tahu apa penyebab utamanya.

Dia menjelaskan dua kemungkinan tersebut adalah pipa terkena atau tertarik jangkar kapal atau karena kualitas pipa minyak itu sendiri. "Bagi Kementerian LHK yang paling penting itu masalahnya apa, lalu tanggung jawab siapa," kata Siti saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (9/4).

(Baca: Kementerian ESDM Ungkap Dugaan Penyebab Putusnya Pipa Pertamina)

Siti juga belum mau melimpahkan tanggung jawab permasalahan ini kepada PT Pertamina (Persero), sebelum memastikan penyebabnya. Dia pun telah menugaskan Direktur Jenderal Penegakkan Hukum Kementerian LHK Rasio Ridho Sani menggelar rapat dengan para ahli serta Pusat Hidrologi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut untuk mencari tahu permasalahan ini.

Kementerian LHK mencatat luas area yang terdampak pencemaran minyak akibat patahnya pipa Pertamina ini mencapai 12 ribu hektare. Saat ini tim dari kementerian sudah datang ke lokasi kejadian untuk sudah mengambil sampel 300 meter kubik minyak yang mencemari Teluk Balikpapan. 

(Baca: Arcandra: Kilang Balikpapan Kehilangan Potensi Produksi 200 Ribu Barel)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...