KAI Sediakan 23 Ribu Kursi Kereta Tambahan Untuk Mudik Lebaran 2018

Image title
13 April 2018, 18:12
Mudik Kereta Api
Arief Kamaludin | Katadata

Dalam mengantisipasi lonjakan penumpang pada musim mudik lebaran tahun ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menambah 23.752 kursi kereta per hari. Sementara tiket kereta tambahan akan dijual serentak mulai Senin 16 April mendatang.

"Kereta dengan kursi tambahan ini akan dioperasikan mulai tanggal 8 juni hingga 25 juni," kata Direktur Utama KAI Edi Sukmoro di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (13/4).

Penambahan kursi tersebut disediakan untuk 40 perjalanan tambahan. Kursi tambahan ini ditempatkan pada 20 nama kereta api. Namun, tidak semua kereta api tambahan tersebut beroperasi pada rentang waktu disebutkan Edi. (Baca: Kemenhub Akan Batasi Mobil Pribadi di Tol Cikampek Saat Puncak Mudik)

Beberapa kereta api tambahan yang beroperasi lebih awal ini mulai 5 - 26 Juni. Yaitu, KA Kertajaya Lebaran rute Pasarsenen-Surabaya Pasarturi, KA Brantas Lebaran rute Pasarsenen-Semarang Poncol-Blitar, dan KA Mataram Premium rute Pasarsenen-Lempuyangan.

Hingga hari ini KAI mencatat dari total 2,2 juta kursi kereta api reguler jarak jauh dan menengah untuk mudik lebaran, sekitar 42,91 persennya telah terjual. "Jadi masih ada sekitar 50 persen lebih (kursi yang belum terjual), masih banyak," kata Edi.

(Baca: Kurangi Arus Mudik, Pemerintah Kaji Tambahan Libur Lebaran 2 Hari)

Dia juga memberitahukan penumpang dapat melakukan pemesanan tiket kereta api tambahan melalui aplikasi KAI Access, situs resmi KAI, gerai minimarket, jaringan Payment Point Online Bank (PPOB), serta situs dan aplikasi lain yang telah bekerja sama dengan KAI.

Berikut kereta api tambahan yang bakal beroperasi saat mudik lebaran:

- ArgoLawu Fak, rute Gambir-Solo

- Argo Dwipangga Fak, rute Gambir-Solo

- Taksaka Lebaran, rute Gambir-Yogyakarta

- Sawunggalih Lebaran, rute Pasar Senen-Kutoarjo

- Argo Sindoro Lebaran, rute Gambir-Semarang Tawang

- Argo Muria Lebaran, rute Gambir-Semarang Tawang

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...