Pemenang Lelang Blok Migas Skema Penawaran Langsung Diumumkan Awal Mei

Anggita Rezki Amelia
17 April 2018, 16:36
Sumur Minyak
Chevron

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mengumumkan pemenang lelang blok miyak dan gas bumi (migas) tahun ini secara bertahap. Tahap awal, pemerintah akan mengumumkan pemenang lelang blok migas dengan skema penawaran langsung.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan pemenang lelang skema penawaran langsung akan diumumkan bulan depan. "Yang direct offer 4 Mei 2018," kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (17/4).

Sementara untuk lelang blok migas dengan skema reguler masih harus menunggu proses selesai. Adapun, masa lelang dengan skema reguler akan berakhir Juni mendatang.

Adapun Akses dokumen lelang untuk penawaran langsung telah berlangsung sejak 19 Februari hingga 27 Maret 2018 lalu.  Sementara itu, pengajuan dokumennya dimulai sejak 22 Februari hingga 29 Maret 2018 lalu.

Lelang ini sudah dibuka sejak Februari. Tahun ini ada 26 blok migas yang dilelang menggunakan skema penawaran langsung dan regular. Untuk penawaran langsung terdiri dari lima blok konvensional, dan dua blok nonkonvensional. Sedangkan lelang reguler terdiri dari 19 blok migas konvensional.

Jika dirinci, blok konvensional yang dilelang melalui skema penawaran langsung adalah South East Jambi yang berada di Onshore Jambi, Citarum di Onshore Jawa Barat dan Jawa Tengah, East Ganal di Offshore Selat Makasar, East Papua di Onshore Papua, East Seram di Onshore/Offshore Maluku. Sementara blok nonkonvensional yakni Gas Metana Batubara (GMB) Sumbagsel di Onshore Sumatera Selatan dan Shale Hydrocarbon (MNK) di onshore Sumatera Utara.

(Baca: Kementerian ESDM Resmi Lelang 26 Blok Migas Skema Kontrak Gross Split)

Menurut Djoko ada tujuh perusahaan yang mengikuti lelang blok migas dengan skema penawaran langsung tahun ini. Salah satunya adalah perusahaan asal Italia, Eni.

Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...