Pertamina: 11 Kelurahan Bersih dari Tumpahan Minyak

Anggita Rezki Amelia
18 April 2018, 18:28
Kebakaran Teluk Balikpapan
ANTARA FOTO/Sheravim
Seorang petugas kepolisian menuangkan minyak ke gayung saat membersihkan Pantai Banua Patra dari minyak yang memenuhi pesisir pantai di Balikpapan, Kaltim, Senin (2/4). Pasca kebakaran pipa minyak bawah air Balikpapan-Penajam Paser Utara di Teluk Balikpap

PT Pertamina (Persero) menyatakan 11 kelurahan telah bersih dari dampak tumpahan minyak di Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur. Itu merupakan hasil kerja tim verifikasi yang terdiri perwakilan Pemerintah Kabupaten / Kota, Dinas terkait, Pertamina dan perwakilan masyarakat.

Region Manager Communication & CSR Kalimantan Pertamina Yudy Nugraha mengatakan ada beberapa aspek yang dinilai oleh tim verifikator dalam memastikan tumpahan minyak sudah bersih total. Mereka menilai penampakan minyak di perairan dan di darat, dampak minyak yang terdapat di lokasi yang dipantau, serta menilai kondisi kebersihan di area yang dipantau sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.

Advertisement

Tim verifikator memiliki kriteria penilai dari 0 hingga 100%. Untuk jangkauan 0 sampai dengan 25% artinya terdapat banyak minyak di perairan dan bibir pantai. Selain itu terdapat banyak sisa minyak menempel pada dinding pemecah ombak dan mangrove.

Adapun untuk jangkauan 76 sampai 100% artinya sudah tidak terlihat film dan sisa minyak di perairan, bibir pantai. Dengan kriteria itu maka tidak ada minyak menempel pada dinding pemecah ombak dan mangrove.

Hingga Selasa (17/4), tercatat hasil verifikasi  dari 13 Kelurahan di Kota Balikpapan, delapan kelurahan telah dinyatakan 100% bersih dari tumpahan minyak. Sementara di Kabupaten Penajam Paser Utara, tiga kelurahan statusnya 100% bersih dari tumpahan minyak. Namun, masih tersisa 17 kelurahan yang akan dilakukan proses pemantauan kebersihan.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement