Samsung jadi Pengiklan Produk Seluler Terbesar 2017

Desy Setyowati
18 April 2018, 19:59
Gerai Seluler Samsung
Arief Kamaludin | Katadata

Berbagai merek produk seluler bersaing untuk memperebutkan pasar. Nielsen menyebut, belanja iklan produk seluler di televisi mencapai Rp 3,2 triliun tahun lalu. Samsung menempati urutan pertama dengan belanja iklan senilai Rp 1,04 triliun.

Anggaran itu pun untuk jenis jeda iklan atau commercial break saja. "Banyak juga yang beriklan di dalam program acara (in program ads)," ujar Executive Director Media Nielsen Indonesia Hellen Katherina saat paparan di kantornya, Jakarta, Rabu (18/4).

Besarnya anggaran iklan Samsung karena tahun lalu pabrikan Korea Selatan itu meluncurkan Galaxy S8. Produk ini bersaing dengan iPhone X yang dirilis hampir bersamaan oleh Apple.

Sementara di posisi kedua dan ketiga ada Vivo dan Oppo yang masing-masing beriklan sebesar Rp 824 miliar dan Rp 461 miliar. Setelah itu, Advan Rp 202 miliar; Lenovo Rp 154 miliar; Asus Rp 129 miliar; Polytron Rp 111 miliar;  Evercross Rp 77 miliar; Luna Rp 50 miliar; dan LG Rp 27 miliar.

(Baca juga: Nielsen: Penjualan Turun Akibat Daya Beli Lemah, Bukan Tren Online)

Selain beriklan di commercial break, Vivo dan Oppo juga mengalokasikan dana yang tidak sedikit untuk jenis in program ads. Data Nielsen pada Januari-Maret 2018 menunjukkan, 85% dari belanja iklan Oppo di televisi dilakukan dalam bentuk in program ads. Sedangkan Vivo, belanja iklan in program ads mencapai 66% dari total.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...