Jaga Pertumbuhan, Ekonom Prediksi BI Tak Naikkan Suku Bunga

Rizky Alika
19 April 2018, 12:13
Bank Indonesia
Agung Samosir|Katadata

Sejumlah ekonom memprediksi Bank Indonesia akan mempertahankan suku bunga acuan, BI 7 Days Repo Rate, pada level 4,25 persen. Kebijakan moneter bank sentral ini masih konsisten untuk menjaga laju pertumbuhan ekonomi.

Dengan posisi BI 7 Days Repo tak berubah, Deposit Frequency Ratio (DFR) dan Loan to Funding Ratio (LFR) juga diperkirakan tetap sebesar 3,50 dan 5,00 persen. Hal itu, kata Ekonom Bank Permata, Josua Pardede, akan sejalan dengan ekspektasi inflasi dan nilai tukar rupiah. (Baca juga: Antisipasi Kenaikan Bunga AS, BI Tahan Bunga Acuan 4,25%).

“Ekspektasi suku bunga acuan yang dipertahankan diharapkan tetap mendukung momentum pertumbuhan ekonomi pada tahun ini,” kata Josua kepada Katadata.co.id, Rabu (18/4/2018). Sore nanti, BI akan mengumumkan hasil Rapat Dewan Gubernur yang dilaksanakan 18-19 April 2018, satu di antaranya mengenai penetapan suku bunga acuan BI.

Dengan kalkulasi tersebut, dia meramal inflasi mencapai puncaknya pada Mei dan Juni seiring peningkatan permintaan pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Sementara itu, volatilitas nilai tukar rupiah sepanjang April diperkirakan berada dalam tren penurunan setelah pada Februari dan awal Maret cenderung meningkat seiring sentimen eksternal dari kenaikan suku bunga Amerika Serikat dan isu perang dagang.

Selain itu, Josua menambahkan, tetap dipertahankannya suku bunga acuan dapat menjaga defisit transaski berjalan alias current account deficit (CAD) di level yang sehat. Hal ini seiring posisi CAD pada triwulan pertama 2018 yang diperkirakan melebar di kisaran defisit 2,2-2,5 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) dibandingkan triwulan keempat tahun lalu yang tercatat defisit 2,2 persen.

Prediksi serupa disampaikan Bhima Yudhistira. Ekonom Institute For Development of Economics and Finance (Indef) ini yakin bank sentral mempertahankan suku bungan acuan saat ini. (Baca juga: Dorong Pemulihan Ekonomi Domestik, BI Tahan Bunga Acuan 4,25%).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...