Gatot Percaya Prediksi RI Jadi Negara Ekonomi Besar di 2050

Dimas Jarot Bayu
26 April 2018, 12:11
Pelantikan Panglima TNI
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Mantan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo (kanan) bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kiri) usai upacara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/12/2017).

Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo menyatakan optimisme Indonesia akan menjadi salah satu negara besar yang menempati posisi ke-4 di dunia pada 2050. Sebaliknya dia tidak mempercayai ramalan bahwa Indonesia akan bubar pada 2030 yang sempat dikutip Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dari novel Ghost Fleet.

“Kalau kita bangkit, optimis, sesuai dengan profesi kita masing-masing dan kita bersatu, tidak eker-ekeran (saling bertengkar), bisa,” kata Gatot di Jakarta, Rabu (25/4).

Advertisement

Dia mengatakan Indonesia memiliki potensi sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi besar di 2050 di bawah Tiongkok, India dan Amerika Serikat. Prediksi ini diambil dari riset PwC yang memeringkat 32 negara berdasarkan perkiraan GDP (gross domestic product) dengan kekuatan daya beli atau purchasing power parity (PPP). 

(Baca juga: Indonesia Bisa Jadi Negara Ekonomi Terbesar ke-4 Dunia pada 2050)

Gatot mengatakan salah satu yang dapat dilakukan menggenjot ekonomi di antaranya mengoptimalkan kondisi geografi Indonesia yang sebagian besar berupa laut. Dia mengatakan laut dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekspor karena biaya transpor yang dapat  jauh lebih hemat dibandingkan darat.

Selain itu, menurut dia, kegiatan ekonomi dapat dikembangkan di sepanjang jalur transportasi laut seperti pergudangan, pengisian bahan bakar, asuransi keamanan.

"Saya juga sudah membuktikan sepanjang dua tahun terakhir tidak ada perompak di Selat Malaka, aman-aman saja (untuk kegiatan transportasi)," kata dia.

Gatot juga memaparkan potensi Indonesia menjadi negara dengan ekonomi tinggi karena memiliki cadangan energi yang melimpah, lahan yang subur dan bonus demografi yang terdiri dari generasi muda. 

(Baca juga: Prabowo Sebut Bubar, Jokowi Yakin 2030 Ekonomi RI Peringkat 7 Dunia)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement