Indonesia Kantongi US$ 279 Juta dari Misi Perdagangan di Bangladesh

Image title
Oleh Ekarina
30 April 2018, 08:08
Gerbong Inka
ANTARA FOTO/Siswowidodo
Pembuatan gerbong kereta ekonomi pesanan PT KAI di pabrik PT Industri Kereta Api (INKA) di Madiun, Jawa Timur, 16 Mei 2017.

Pemerintah berhasil mengantongi total transaksi senilai US$ 279,19 juta atau lebih dari Rp 3,76 triliun dari misi perdagangan yang digelar di Bangladesh pada 26-28 April 2018 kemarin. Sebagian dari nilai transaksi tersebut disumbang dari sektor otomotif dan makanan minuman.

"Indonesia berhasil meraih kontrak lanjutan kereta api, rempah-rempah, makanan minuman serta penjualan retail pada kegiatan Indonesia Fair," Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan, Arlinda lewat keterangan resmi, Sabtu (28/4) di Dhaka, Bangladesh.

Misi perdagangan ke Bangladesh merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mencapai target ekspor sebesar 11% tahun ini. Selain itu, juga merupakan tindak lanjut dari kunjungan Presiden Joko Widodo pada Januari 2018 saat bertemu Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina dan Presiden Bangladesh Abdul Hamid guna meningkatkan kerja sama ekonomi dan perdagangan bilateral.

(Baca : Gencarkan Misi Dagang, Pemerintah Siap Bertolak ke Bangladesh)

Bangladesh merupakan salah satu negara dengan laju pertumbuhan ekonomi tertinggi pada 2017 di kawasan Asia Selatan sebesar 7,5%. Negara itu juga diprediksi bakal menjadi negara berkembang pada 2021. Kerja sama Indonesia-Bangladesh diperlukan untuk meningkatkan kinerja perdagangan kedua negara di pasar global ke depan.

Misi Dagang Indonesia dilakukan dengan menggelar forum bisnis, business matching, dan pameran Indonesia Fair di Hotel Le Meridien, Dhaka. Dalam kegiatan ini, Kementerian Perdagangan membawa serta 93 pelaku usaha dari 43 perusahaan,seperti Pertamina, Angkasa Pura, Adaro Energy, PTINKA, PT JAPFA, dan Wardah Cosmetics. Kegiatan Business Forum diikuti lebih dari 200 pelaku bisnis kedua negara, yang didominasi pebisnis Bangladesh. Hadir sebagai tamu kehormatan pada acara tersebut adalah Secretary Ministry of Commerce ofBangladesh, Shubhashish Bose mewakili Minister of Commerce of Bangladesh.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...