Menjelang Ramadan, Harga Kebutuhan Pokok Mulai Naik

Michael Reily
2 Mei 2018, 16:06
ilustrasi pasar tradisional
Arief Kamaludin|KATADATA
Harga cabai mulai naik di pasar. Kebutuhan masyarakat akan komoditas tersebut cukup tinggi, khususnya menjelang Ramadhan dan Lebaran.

Sejumlah harga komoditas pangan di pasar tradisional mulai merangkak naik. Harga barang  pokok berpotensi  naik signifikan seiring dengan tingginya kebutuhan masyarakat mendekati bulan suci Ramadan yang akan  masuk dalam dua pekan ke depan.

Berdasarkan pantauan Katadata di Pasar Induk Kramat Jati, harga bahan pokok yang mulai  naik yakni bawang merah, cabai merah keriting, cabai rawit dan daging ayam.

Pedagang UD Marta Pasar Induk Kramat Jati, Santi menuturkan harga satu kilogram bawang merah saat ini dijualnya sekitar Rp 32 ribu - Rp 35 ribu  per kilogram (kg). Harga tersebut sudah mengalami kenaikan Rp 2 ribu - Rp 3 ribu per kg  dibandingkan harga pekan lalu.

Harga cabai keriting dan cabai rawit juga terpantau masih tetap berada di atas Rp 30 ribu per kg. Sedangkan untuk  bawang putih, harga mulai berangsur pulih hingga di dibawah Rp 30 ribu per kg, sesuai anjuran pemerintah. Pantauan Katadata, pasokan bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati juga sudah mulai menumpuk. Namun, stok bawang merah mulai berkurang.

Santi mengungkapkan  30 truk angkut bawang merah yang biasanya datang, kini  mulai berkurang secara perlahan. “Nanti mungkin harganya akan terus naik sampai ke Rp 70 ribu kalau ini terus dibiarkan,” katanya kepada Katadata di Jakarta, Rabu (2/5).

(Baca : Pemerintah Pastikan Kelancaran Distribusi Bahan Pokok Jelang Puasa)

Selain masalah pasokan, permintaan masyarakat semakin meningkat namun tak dibarengi ketersediaan stok juga dinilai cukup mengkhawatirkan.  Selain itu,  ketersediaan tenaga kerga  pekerja yang kemungkinan besar bakal berkurang karena libur Lebaran juga akan memicu kenaikan ongkos. Sehingga, diperkirakan hal itu akan mendorong kenaikan harga.

Hal senada juga diungkapkan pedagang lain di Pasar Kramat Jati lain. Papat, pedagang daging menuturkan harga daging  sapi sudah ada kenaikan.  Untuk daging sapi segar, Papat menjualnya di  kisaran Rp 100 ribu hingga Rp 120 ribu per kg.  

Sementara untuk daging kerbau beku impor dari India harga jualnya terpantau sekitar Rp 70 ribu sampai Rp 75 ribu per kg atau telah berada di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 80 ribu per kg. Meski ada harga daging kerbau  stabil, namun  ke depannya, perdagang memperkirakan harga daging sapi segar berpotensi naik sekitar Rp 10 ribu per kg. 

Pendorongnya,  kenaikan ongkos seiring dengan meningkatnya permintaan, serta tunjangan Hari Raya (THR) yang mesti diberikan kepada pekerja dan juga bonus. “Mau tidak mau pedagang mesti ambil dari keuntungan tambahan jika ada kenaikan biaya seperti itu.” ujarnya.

Selain daging, pedagang ayam di Pasar Kramat Jati juga menuturkan bahwa ada kenaikan harga untuk barang dagangannya.  Harga ayam potong saat ini  bertengger di kisaran Rp 40 ribu, naik dari pekan lalu sekitar Rp 38 ribu per potong. "Perkiraan saya harga masih akan terus meningkat hingga Lebaran," kata Yanti, pedagang ayam Pasar Kramat Jati kepada Katadata.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...