Semen Indonesia Incar Bisnis Mortar dan Bata Ringan

Hari Widowati
2 Mei 2018, 09:22
Semen Indonesia
Katadata | Arief Kamaludin

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) mengincar bisnis mortar dan bahan bangunan, seperti bata ringan dan panel beton untuk menjadi salah satu sumber pendapatan perusahaan di masa depan. Perseroan menyiapkan dana sekitar Rp 200 miliar untuk mengakuisisi atau membentuk perusahaan yang memproduksi mortar dan bata ringan.

Direktur Keuangan Semen Indonesia Doddy Sulasmono Diniawan mengatakan, perusahaan membidik bisnis hilir semen mengingat industri semen domestik saat ini masih kelebihan pasokan (oversupply). "Mulai tahun ini kami akan masuk ke bisnis hilir semen. Mungkin melalui akuisisi tetapi (produsen mortar) yang terbesar di Indonesia itu Mortar Utama, sudah dijual kepada asing. Bisa juga kami buat (perusahaan) sendiri," kata Doddy, di Jakarta, Senin (30/4).

Perseroan juga akan merestrukturisasi anak-anak usaha yang memiliki bisnis yang sama atau beririsan agar lebih fokus menggarap bisnisnya. Doddy mencontohkan Semen Indonesia Beton dan SGG Prima Beton yang bergerak di produksi beton curah siap pakai (ready mix). "Kami ingin rapikan ini karena model bisnisnya sejenis, nanti dibuat supaya produknya lebih ke produk hilir semen seperti precast, bata ringan, panel beton, dan lain-lain," ujar Doddy.

Semen Indonesia pada tahun ini mengalokasikan belanja modal (capital expenditure) sebesar Rp 4 triliun, lebih rendah 33,33% dibandingkan dengan 2017 sebesar Rp 6 triliun. Sekitar Rp 1 triliun dari belanja modal tersebut merupakan carry over dari belanja modal tahun lalu. "Kami tidak seagresif dulu dalam capex," kata Doddy. Belum lama ini, Semen Indonesia juga membatalkan rencana akuisisinya terhadap Madina Cement Industries, perusahaan semen asal Bangladesh.

(Baca: Luhut: Tak Ada Alasan Pembangunan Pabrik Semen Rembang Berhenti)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...