JK: Sulit Mencari Lawan Jokowi

Image title
Oleh Tim Redaksi
6 Mei 2018, 13:00
Jusuf Kalla
Arief Kamaludin|Katadata

Sejauh ini, baru ada dua kandidat presiden yang resmi diusung oleh partai politik yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Jika tak ada calon baru, praktis pemilihan presiden (Pilpres) pada 2019 akan mengulang “pertempuran” kedua tokoh tersebut pada Pilpres 2014.

Namun, peluang kandidat lain masih terbuka. Beberapa partai belum menentukan pilihan seperti Partai Keadilan Sejahteran (PKS) dan Partai Demokrat. Selain masih menimbang untuk memunculkan nama dari internal, mereka pun membuka calon dari luar. Gatot Nurmantyo salah satu yang rajin bergerilya.

Misalnya, Relawan Selendang Putih Nusantara (RSPN), organisasi pengusung mantan Panglima TNI itu mendatangi kantor PKS pada pertengahan bulan lalu. Mereka meminta kesediaan PKS untuk mengusung Gatot sebagai calon presiden. Tak hanya ke partai, Gatot juga memperlebar sayap relawannya ke beberapa daerah.

Di mata Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), munculnya tokoh yang sudah mendeklarasikan sebagai calon presiden, sampai saat ini, belum menggoyahkan posisi Joko Widodo (Jokowi). Sebagai calon inkumben, mantan Wali Kota Solo ini memiliki tingkat keterpilihan tinggi dalam beberapa survei.

Sehingga, “Saya pikir sulit untuk mencari siapa yang bisa melawan Jokowi,” kata Kalla dalam wawancara khusus dengan Katadata.co.id beberapa waktu lalu. “Sehingga, pergulatannya di wapres (wakil presiden).”

Anda menyebut kemungkinan Jokowi akan melanjutkan pemerintahan. Kans Jokowi besar?

Kalau kita baca dari survei-survei, peluangnya sangat besar. Saya pikir sulit untuk mencari siapa yang bisa melawan Jokowi. Berarti, kesempatan untuk maju lagi sangat besar. Di atas 50 persen setiap survei itu. Sehingga, pergulatannya di wapres (wakil presiden), bukan di presiden. Baru terakhir-terakhir ini saja Pak Prabowo siap mendeklarasikan dirinya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...