Diselamatkan Investasi, Ekonomi Indonesia Kuartal 1 Tumbuh 5,06%

Rizky Alika
Oleh Rizky Alika - Martha Ruth Thertina
7 Mei 2018, 13:08
Pertumbuhan Ekonomi
Arief Kamaludin|KATADATA
Pembangunan gedung perkantoran di Jakarta

Badan Pusat Statistik (BPS) melansir pertumbuhan ekonomi kuartal 1 2018 mencapai 5,06%, lebih baik dibandingkan pertumbuhan ekonomi pada periode sama dalam tiga tahun terakhir. Perbaikan utamanya disokong oleh investasi yang tumbuh cukup tinggi, di tengah konsumsi rumah tangga yang masih tertahan dan ekspor yang tumbuh melambat.  

“Lebih bagus dibanding kuartal I 2017 yang sebesar 5,01%, kuartal I 2016 sebesar 4,94% dan 4,83% di periode yang sama 2015," kata Kepala BPS Suhariyanto dalam Konferensi Pers di Kantor BPS, Senin (7/5).

Secara rinci, pertumbuhan konsumsi rumah tangga yang merupakan kontributor utama pertumbuhan ekonomi masih tertahan di bawah 5%, tepatnya 4,95%. Meski begitu, pencapaian ini sedikit lebih baik dibandingkan periode sama tahun lalu yang sebesar 4,93%.

Sementara itu, investasi tercatat mengalami lompatan pertumbuhan, yaitu mencapai 7,95%, jauh lebih tinggi dibandingkan periode sama tahun lalu yang hanya 4,81%. Konsumsi pemerintah dan Lembaga Non-profit yang melayani rumah tangga juga mengalami perbaikan pertumbuhan meski tipis yaitu masih-masing 2,73% dan 8,09%, dari periode sama tahun lalu yaitu sebesar 2,71% dan 8,02%.

Di sisi lain, kinerja ekspor tak memuaskan. Pertumbuhannya anjlok menjadi hanya 6,17%, dari periode sama tahun lalu 8,04%. Di sisi lain, impor tumbuh signifikan yaitu 12,75%, jauh lebih tinggi dibandingkan periode sama tahun lalu yang sebesar 5,01%.

Suhariyanto berharap pertumbuhan ekonomi bakal semakin tinggi di kuartal-kuartal berikutnya, lantaran adanya beberapa momen besar yang diyakini bisa memacu ekonomi. “Kami berharap pertumbuhan ekonomi lebih tinggi lagi ke depan karena ada momen Lebaran, Pilkada, Asian Games, dan lainnya,” kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...