Pelaku Bom Malporestabes Surabaya Berasal dari Satu Keluarga

Yuliawati
Oleh Yuliawati
14 Mei 2018, 13:11
serangan bom di Mapolrestabes Surabaya
ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Polisi menghentikan dan memeriksa warga yang melintas di Jalan Niaga Samping setelah terjadi ledakan di Polrestabes Surabaya, Jawa Timur, Senin (14/5/2018).

Pelaku peledakan bom bunuh diri di depan gerbang masuk Mapolrestabes Surabaya, Jawa Timur, berasal dari satu keluarga. Pelaku terdiri dari lima orang terdiri dari ayah, ibu dan tiga anak.

"Pelaku terdiri dari lima orang beraasal dari satu kartu keluarga, menggunakan dua motor," kata Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin dalam konferensi pers yang disiarkan secara langsung oleh televisi swasta, Senin (14/5).

Machfud mengatakan empat pelaku tewas saat meledakkan bom, namun ada satu anak yang berusia delapan tahun selamat dan masih menjalani perawatan. Inisial anak ini bernama Ais. "Dia duduk di depan motor dan terlempar ketika terjadi ledakan," kata Machfud.

(Baca juga: Ledakan Bom di Mapolrestabes Surabaya Akibatkan 10 Korban Luka)

Para pelaku menggunakan sepeda motor masing-masing merek Honda Beat dan Supra. Ledakan terjadi di depan pintu gerbang masuk Mapolrestabes Surabaya pada hari ini pukul 08.50 WIB. Dari kamera CCTV, sebelum ledakan terjadi tampak sebuah mobil minibus hitam diikuti dua sepeda motor memasuki area pintu masuk pemeriksaan Mapolrestabes.

Satu sepeda motor yang terlihat dibawa seorang pria dengan memboncengi seorang perempuan dan anak berbelok ke arah beberapa orang polisi yang sedang berjaga di sekitar pintu gerbang. Sesaat kemudian, bom meledak.

Peristiwa ini menyebabkan 10 orang mengalami luka-luka. Sepuluh orang korban terdiri dari empat anggota polisi dan enam warga sipil, yang saat ini masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jatim.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...