Revisi UU Terorisme Ditargetkan Selesai pada Periode Mei-Juli

Ameidyo Daud Nasution
15 Mei 2018, 16:03
Napi Mako Brimob
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Petugas kepolisian memasang garis polisi di depan rutan cabang Salemba seusai dilakukan penyergapan terhadap para tahanan teroris pascakerusuhan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Kamis (10/5). Dalam penyergapan tersebut 155 tahanan teroris menyerah. Selanjutnya para tahanan teroris itu dibawa ke Lapas Nusakambangan.

Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly mengatakan revisi Undang-Undang Tindak Pidana Terorisme pada masa sidang DPR berikutnya di bulan ini. Target penyelesaian UU ini telah disepakati pemerintah dan DPR.

Dia mengungkapkan pihak pemerintah dan DPR sudah bersepakat, tidak ada lagi perbedaan pendapat dalam penyelesaian substansi UU ini. Bahkan, dia mengaku telah berkomunikasi dengan salah satu pimpinan DPR dan fraksi koalisi pemerintah untuk menyelesaikan revisi RUU.

Advertisement

"Nanti pembukaan masa sidang langsung tancap gas," kata Laoly di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (15/5). Dalam agenda di situs resmi DPR, disebutkan masa sidang berikutnya akan dibuka pada 18 Mei mendatang dan akan selesai Bulan Juli.

(Baca: Jokowi Ultimatum Terbitkan Perppu Bila DPR Tak Sahkan RUU Terorisme)

Politisi PDIP ini mengaku pemerintah dalam rapat bersama DPR selama dua tahun ini telah bersepakat dengan isi RUU tersebut. Namun, pandangan pemerintah saat itu malah diprovokasi lagi dengan beberapa anggota Panitia Kerja (Panja) yang membuat penyelesaian RUU Terorisme tertunda. Dalam pembahasan-pembahasan terakhir, baru menemui titik temu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement