Densus 88 Buru Jaringan Teroris Pendukung ISIS di Berbagai Daerah

Dimas Jarot Bayu
16 Mei 2018, 17:54
Serangan Polda Riau
ANTARA FOTO/FB Anggoro
Sejumlah petugas kepolisian bersiaga pascapenyerangan di Polda Riau, Pekanbaru, Riau, Jumat (16/5/2018).

Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri bersama Kepolisian Resor Tangerang menangkap tiga orang terduga teroris di kawasan Tangerang, Banten, Rabu (16/5). Penangkapan ini merupakan rangkaian aksi polisi mengejar jaringan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang merupakan pendukung ISIS di Indonesia.

Polisi menemukan bukti keterlibatan JAD di balik serangan bom bunuh diri di Surabaya, Jawa Timur. Hingga kini, polisi menangkap 14 terduga teroris yang terkait jaringan JAD di Jawa Timur. Selain itu polisi memburu jaringan JAD di Kota Tanjungbalai dan Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

Advertisement

 (Baca juga: Jejak Teror dari Kerusuhan Mako Brimob ke Ledakan Bom di Surabaya)

Hari ini, polisi menangkap terduga teroris berinisial MC, G, dan A di Jalan Gempol Raya, Kunciran, Kecamatan Pinang dan Klaster Ubud 2 Perumahan Duta Bintaro.

"Ini kelompok JAD (Jamaah Ansharut Daulah) Jakarta," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen (Pol) Setyo Wasisto di kantornya, Jakarta, Rabu (16/5).

Setyo mengatakan, penangkapan ketiga terduga teroris itu awalnya dimulai dengan penggerebekan atas satu rumah kontrakan di Jalan Gempol. Rumah tersebut digunakan untuk usaha permak bahan jins. Dari penggerebekan di lokasi tersebut, polisi menangkap seorang terduga teroris dan seorang perempuan untuk dimintai keterangannya.

Polisi pun bergerak ke Klaster Ubud 2 Perumahan Duta Bintaro untuk menangkap dua orang terduga teroris lainnya. Kemudian, polisi bergerak ke kompleks Perumahan Kunciran Mas Permai, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang untuk pengembangan selanjutnya.

(Baca juga: Polisi Deteksi Narapidana Terorisme Mengajak Serang Mako Brimob)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement