Keputusan Rapat BI Soal Suku Bunga Pengaruhi IHSG

Image title
17 Mei 2018, 19:19
IHSG
Arief Kamaludin|KATADATA

Analis menilai pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini sangat dipengaruhi oleh rencana Bank Indonesia (BI) menaikkan suku bunga. Rapat Dewan Gubernur BI memutuskan suku bunga acuan BI 7 Days Reverse Repo Rate sebesar 0,25 persen menjadi 4,5 persen.

"Pelaku pasar antusias. Mereka ekspektasi kuat bahwa hari ini RDG menaikan tingkat suku bunga," kata Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji kepada Katadata.co.id pada Kamis (17/5). (Baca: Ketidakpastian Global Meningkat, BI Kerek Bunga Acuan 0,25% Jadi 4,5%)

Advertisement

Selain faktor peningkatan suku bunga, Nafan Aji juga mengatakan ada faktor eksternal yang mempengaruhi pergerakan IHSG hari ini. Kenaikan harga komoditas dunia juga membawa efek positif, seperti harga batu bara.

Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi juga melihat adanya pengaruh dari rencana BI menaikan suku bunga. Namun, hal ini akan lebih berpengaruh secara jangka panjang kepada pergerseran ke yield obligasi yang lebih tinggi. "Saya melihat ini sebagai bentuk intervensi rupiah," katanya kepada Katadata.co.id.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, menurutnya lebih berpengaruh pada perdagangan pasar modal. Dolar menguat pada mayoritas mata uang di Asia setelah imbal hasil 10th teasury AS memperpanjang kenaikanannya hingga 3,1 persen, setelah adanya optimisme prospek ekonomi di AS.

Lanjar Nafi menilai efek kenaikan suku bunga terhadap IHSG hanya dalam jangka pendek. Pasalnya, suku bunga yang terlalu tinggi, bisa memberatkan emiten dalam ekspansi usaha dengan modal utang obligasi atau bank.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement