Revisi UU Perikanan, KKP Minta Aturan Penenggelaman Kapal Diperkuat

Michael Reily
21 Mei 2018, 21:00
FV Viking
Arief Kamaludin|KATADATA
FV Viking, kapal penangkap ikan ilegal yang jadi buronan Interpol Norwegia, diledakkan di Perairan Tanjung Batu Mandi, Pangandaran, Jawa Barat, Senin (14/3).

Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) kembali melakukan pembahasan terkait Revisi Undang-Undang (RUU) Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perikanan. Salah satu poin yang diminta KKP dalam RUU tersebut adalah mengenai penguatan aturan tentang penenggalaman kapal untuk menjaga kedaulatan wilayah Indonesia dari praktik pencurian ikan.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP Sjarief Widjaja menjelaskan untuk melakukan  penenggelaman kapal, pemerintah masih menunggu keputusan berkekuatan hukum tetap di pengadilan. “Ini yang membutuhkan penajaman supaya penenggelaman kapal tidak mesti menunggu inkrah , tetapi bisa langsung di laut saat ada pelanggaran besar,” kata Sjarief di Jakarta, Senin (21/5).

Menurutnya,  aturan mengenai peneggelaman kapal harus diperkuat karena laut bukan wilayah pengelolaan perikanan kerja sama internasional. Pasalnya, Indonesia tidak memperbolehkan kegiatan eksploitasi dilakukan oleh pihak asing.

(Baca : KKP dan DPR Berdebat atas Revisi UU Perikanan)

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga menyatakan revisi UU Perikanan dinilai  penting untuk merubah fundamental peta industri perikanan serta peningkatan kesejahteraan nelayan. KKP mengklaim telah berhasil menakuti 7 ribu kapal asing kembali melaut di perairan Indonesia dengan moratorium dan Peraturan Presiden.

Kapal asing dinilai menghilangkan 50% ruang gerak  rumah tangga nelayan. Menurut catatan KKP dan World Bank, sebelumnya telah terjadi penurunan rumah tangga nelayan dari 1,6 juta unit rumah tangga menjadi 800 ribu unit. Selain itu, ada 105 perusahaan pengekspor ikan dan udang yang gulung tikar akibat kapal asing.

Meski demikian,  masih banyak juga kapal asing ilegal yang belum jera masuk ke perairan Indonesia lantaran aktivitasnya belum banyak diatur dalam UU.  Susi mengatakan, sekitar 700 kapal asing masih beroperasi secara sembunyi di perairan Indonesia. Adapun satu kapal 100 Gross Tonnage (GT), berpotensi merugikan negara sampai Rp 20 miliar. Sehingga perlu tindakan tegas untuk mengatasinya. 

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...