Landasan Terbatas, Bandara Kertajati Hanya Jadi Transit Embarkasi Haji

Image title
22 Mei 2018, 15:52
Bandara Kertajati
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Foto udara landasan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Selasa (17/4/2018).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan Bandara Internasional Jawa Barat atau Bandara Kertajati, di Majalengka, Jawa Barat akan siap digunakan pada Kamis lusa, 24 Mei. Namun, bandara ini hanya menjadi transit embarkasi haji karena landasan pacu yang masih terbatas.

"Dari imigrasi tentunya tak ada masalah karena format yang diperlukan sebagai embarkasi antara," kata Budi usai rapat korrdinator membahas kesiapan operasi Bandara Kertajati di kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman, Selasa (22/5).

Nantinya para jemaah haji akan transit di Bandara Soekarno Hatta sebelum berangkat ke Arab Saudi. Perjalanan dari Bandara Kertajati ke Soekarno Hatta diperkirakan hanya 45 menit. Fungsi Bandara Kertajati ini akan mirip dengan Bandara Radin Inten II Bandar Lampung.

(Baca juga: Perpanjangan Landasan Bandara Kertajati Ditarget Rampung Akhir 2018)

Keputusan menjadikan Bandara Kertajati sebagai embarkasi haji antara lantaran saat ini landasan pacu pesawat yang terbentang hanya sepanjang 2500 meter. Padahal untuk pesawat berbadan besar (wide body) seperti Boeing 777 yang digunakan untuk keberangkatan haji, memerlukan landasan pacu minimal 3000 meter.

"Kalau Boeing 777 memang tidak bisa kami gunakan, alternatifnya menggunakan Airbus 330 atau yang lain. Pokoknya tidak akan melanggar ketentuan berkaitan dengan keselamatan," kata Budi.

Budi mengatakan proyek perpanjangan landasan pacu (runway) menjadi 3.000 meter akan dikerjakan mulai Juli tahun ini dan diperkirakan pengerjaannya membutuhkan waktu enam bulan.

"Tahun depan pesawat Boeing 777 akan bisa menggunakan Bandara Kertajati," kata Budi. 

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...