Ramayana Bidik Penjualan Rp 3,1 Triliun pada Ramadan dan Lebaran

Michael Reily
25 Mei 2018, 15:18
Ramayana_Department_Store,_Kota_Pematang_Siantar_(27).JPG
commons.wikimedia.org
Ramayanan kerap menggelar diskon untuk menarik pelanggan.

PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) mengincar pendapatan Rp 3,11 triliun pada periode Ramadan dan Lebaran 2018 (Mei - Juni) atau tumbuh 7,3% dari momentum yang sama tahun lalu .

Direktur Ramayana Lestari Sentosa Suryanton  mengatakan, Ramadan dan Lebaran merupakan momen yang ditunggu-tunggu bagi pengusaha retail.  Sebab, periode tersebut biasanya mampu menopang 40% terhadap total target pendapatan perusahaan sepanjang tahun. 

Tak hanya itu, rata-rata penjualan tiap gerai atau same store sales growth (SSSG)  perusahaan juga biasanya akan mengalami kenaikan menjadi sekitar 7,1% dibanding bulan biasa.

(Baca : Masih Dibayangi Pelemahan, Industri Retail Dipatok Tumbuh 6%)

Mengacu pada trend  sebelumnya, peningkatan penjualan secara gradual biasanya akan mulai mengalami peningkatan dua pekan sebelum hari Raya. “Saya pikir karena ada gaji ke-13, THR (Tunjangan Hari Raya), dan dana KJP (Kartu Jakarta Pintar) yang sudah mulai cair,” kata Suryanto usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Ramayana di Jakarta, Jumat (25/5).

Untuk mencapai target yang lebih optimal, perusahaan juga  membuka tiga unit gerai baru sebelum  puasa yaitu di Cibubur, Bekasi Timur dan Cakung. Dengan gerai baru tersebut, Ramayana secara total hingga saat ini telah mengoperasikan sekitar 119 unit gerai. 

Perusahaan retail busana  lain yang juga mengharapkan berkah Lebaran tahun ini yakni PT Matahari Department Store Tbk (LPPF). Momen tersebut diharapkan bisa menyumbang sekitar 30% terhadap total pendapatan perusahaan selama setahun.

Halaman:
Editor: Ekarina
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...