Jokowi Perintahkan Keamanan Terkendali saat Asian Games

Yuliawati
Oleh Yuliawati
28 Mei 2018, 16:13
Venue Asian Games 2018
Katadata
Kompleks Gelora Bung Karno siap melaksanakan ajang Asian Games 2018.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan keamanan terjaga selama perhelatan Asian Games XVIII yang akan diselenggarakan pada 18 Agustus mendatang. Jokowi mengutarakannya saat memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (28/5).

"Kami ingin negara-negara peserta Asian Games meyakini bahwa Indonesia aman untuk dikunjungi dan kondisi keamanan sepenuhnya terkendali," kata Jokowi seperti dikutip dari situs Setkab.go.id.

Jokowi mengatakan fokus keamanan tak hanya di beberapa kota tempat diselenggarakannya Asian Games, namun di seluruh pelosok Tanah Air. Sehingga, para peserta Asian Games merasa Indonesia memberikan perlindungan dan mammpu menjaga keamanan.

(Baca juga: Kalla Targetkan Beres Juni, Arena Asian Games Dikerjakan 24 Jam)

Jokowi menghadiri rapat terbatas didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla dan menteri kabinet di antaranya Menko Polhukam Wiranto, Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 atau Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) Erick Thohir mengemukakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kapolri dan pihak TNI dalam menjaga keamanan selama berlangsungnya pesta olahraga negara-negara Asia.

Dia menjelaskan Kapolri telah membagi keamanan di empat kota penyelenggaraan Asian Games. "Jumlah aparat TNI dan Polri sendiri itu kan hampir 900 ribu, merupakan nomor dua terbesar di dunia,” kata Erick kepada wartawan usai mengikuti rapat terbatas.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...