Menjelang Lebaran, Bulog Pastikan Ketersediaan Pasokan Beras Aman

Michael Reily
30 Mei 2018, 17:09
Beras pangan
Arief Kamaludin|KATADATA
Tumpukan beras di gudang Bulog.

Perum Bulog memastikan jumlah ketersediaan beras di gudang Bulog sebesar 1,4 juta ton cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang biasanya meningkat menjelang Lebaran. Bulog pun menyebut akan berupaya menjaga stabilitas harga dengan beberapa intervensi pasar. 

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Karyawan Gunarso menjelaskan stok beras Bulog diprediksi bisa memenuhi kebutuhan masyarakat untuk beberapa bulan ke depan. “Cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan dan setelahnya melalui kegiatan intervensi pasar,” kata Karyawan kepada Katadata, Rabu (30/5).

Dia memastikan keamanan stok  beras  yang didukung dengan adanya kesiapan 1600 gudang Bulog yang tersebar di seluruh Indonesia. Tak hanya di wilayah perkotaan dan pedesaan, lokasi gudang Bulog saat ini juga berada di wilayah perbatasan.  Seluruh gudang tersebut memiliki  total kapasitas hingga  4 juta ton. 

(Baca : Bulog Salurkan 400 Ribu Ton Beras Hingga Lebaran)

Sementara dalam menjaga stabilitas harga,  Karyawan menuturkan Bulog akan mengacu pada tiga strategi utama. Pertama,  menjamin ketersediaan beras di gudang. Kedua, melalui pendistribusian langsung  dari pintu ke pintu menuju konsumen, baik di permukiman maupun melalui pemanfaatkan retailer binaan Bulog. Terakhir, pemanfaatan sinergi dengan BUMN pangan melalui agen-agen dan retailer menjadi outlet-outlet dalam menjual beras. 

Menurutnya, saat ini Bulog tercatat memiliki ribuan penyalur utama atau retailer yang tersebar di 82 kabupaten/kota. “Kami punya Rumah Pangan Kita (RPK) yang berjumlah  40 ribu unit dan sangat membantu kami dalam mencapai sasaran dalam menstabilkan harga,” ujarnya.

Bulog juga akan bekerja sama dengan kementerian dan lembaga seperti Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk menjadi outlet untuk penjualan beras agar bisa lebih dekat dengan masyarakat.

Menurut Peraturan Presiden Nomor 48 Tahun 2016, Bulog memiliki  tugas menjaga stabilitas harga pangan, khususnya beras dan beberapa komoditas pangan pokok lain seperti jagung, kedelai, gula, minyak goreng, tepung terigu, bawang merah, cabe, daging sapi, daging ayam ras, dan telur ayam.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...