Gandeng TNI dan Polri, Bulog Gelar Operasi Pangan Murah

Michael Reily
6 Juni 2018, 12:03
Beras bulog
ANTARA FOTO/Rahmad
Tumpukan beras di Gudang Bulog di Lhokseumawe, Aceh, 31 Januari 2018.

Perum Bulog mulai melakukan pendistribusian pasokan bahan pokok untuk stabilisasi harga pangan menjelang  Lebaran. Sebanyak 20 truk  bahan pokok akan disebar di  17 titik markas Polisi Republik Indonesia (Polri) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI)  yang mencakup wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Direktur Utama Bulog Budi Waseso (Buwas) menjelaskan kegiatan penyebaran dilakukan sejak 4 Juni 2018. “Rencananya ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga pangan akan dilakukan hingga 8 Juni 2018, dan dapat diperpanjang bila diperlukan,” katanya  di Jakarta, Rabu (6/6).

Komoditas pangan yang akan disediakan Bulog akan dijual dengan harga di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) dan harga acuan. Penyebaran akan dilakukan pada 10 kantor polisi dan 7 markas TNI.  Setelah melalui lokasi tersebut, penyebaran komoditas Bulog nantinya baru akan  disebar ke beberapa titik lokasi di Jabodetabek yang antara lain menyasar kelurahan, pasar, rumah susun, dan ruang publik lainnya.

(Baca : Antisipasi Mafia Beras, Bulog Atur Strategi Distribusi dan Penyerapan)

Menurut catatan Bulog, beberapa komoditas pangan murah yang akan disalurkan itu antara lain berupa Beras Kita Premium 5 kilogram Rp 59.000, Beras Kita Medium 5 kilogram Rp 43.000, Gula Manis Kita Rp 11.500 per kilogram, Minyak Goreng Kita 1 liter Rp 12.000, Terigu Kita 1 kilogram Rp 7.400, daging sapi Rp 80.000 per kilogram, daging kerbau Rp 70.000 per kilogram, dan daging ayam Rp 31.000 per ekor.

Budi menyebut, pihaknya bersama TNI dan Polri akan terus mengawal kegiatan distribusi bahan pokok dan mengamankan harga agar tetap stabil, khususnya dalam menghadapi Lebaran yang akan jatuh pada pekan depan.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...