Batavia Prosperindo Trans Incar Dana Rp 73 Miliar dari IPO

Hari Widowati
7 Juni 2018, 18:16
BEI KATADATA|Arief Kamaludin
BEI KATADATA|Arief Kamaludin
BEI KATADATA|Arief Kamaludin

PT Batavia Prosperindo Trans (BP Trans), penyedia jasa sewa kendaraan bermotor, akan menawarkan 492,86 juta saham atau sekitar 30% dari modal disetor dalam initial public offering (IPO). Perseroan mengincar dana Rp 49,28 miliar hingga Rp 73,93 miliar dengan kisaran harga saham perdana Rp 100-Rp 150 per saham.

Direktur Utama BP Trans Paulus Handigdo mengatakan, perseroan akan menggunakan 50% dana hasil IPO untuk melunasi angsuran utang sewa pembiayaan armada kendaraan bermotor dari pihak ketiga dan pihak afiliasi. Sebesar 50% sisanya akan digunakan untuk penambahan armada kendaraan bermotor baru.

Saat ini BP Trans memiliki 1.930 unit kendaraan, tumbuh sekitar tiga kali lipat dibandingkan dengan 2016 sebanyak 617 unit. "Sekitar 90% dari armada perusahaan merupakan kendaraan baru," kata Direktur Pemasaran BP Trans Rima Rupita. Perseroan berencana menambah jumlah armadanya menjadi 2.500 unit pada akhir 2018, termasuk penggantian untuk kendaraan lama.

BP Trans merupakan perusahaan afiliasi dari Grup Batavia Prosperindo yang sudah dikenal di industri jasa keuangan, antara lain PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen, PT Batavia Prosperindo Sekuritas, PT Batavia Prosperindo Finance Tbk (BPFI), dan PT Malacca Trust Wuwungan Insurance Tbk (MTWI). Pemegang saham BP Trans terdiri atas PT Batavia Prosperindo Makmur 74,94%, PT Victoria Insurance 18,87%, Paulus Handigdo 2,65%, Rima Rupita 1,8%, Sandy Jonathan Halim 0,87%, dan Markus Dinarto Pranoto 0,87%.

BP Trans menggarap layanan sewa kendaraan untuk pelanggan korporasi yang membidik kelas menengah ke atas. Ada empat lini usaha, yaitu penyewaan kendaraan jangka panjang di atas 1 tahun, penyewaan kendaraan jangka pendek di bawah 1 tahun, layanan jasa juru mudi, dan fleet management.

Ketika mulai beroperasi pada 2015, perseroan hanya memiliki kantor pusat di Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang dan kantor operasional di Surabaya. Saat ini perseroan sudah memiliki beberapa kantor cabang di Bekasi, Medan, Bandung, Semarang, Makassar, dan Palembang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...