Jembatan Tol Kali Kenteng Belum Beres, Waskita Bangun Jalan Sementara

Ameidyo Daud Nasution
11 Juni 2018, 11:32
Jembatan Kali Kenteng
Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan jalan sementara sebagai pengganti Jembatan Kali Kenteng yang belum rampung di ruas tol Salatiga - Kartasura. Pembangunan jalan sementara tersebut dikerjakan oleh kontraktor PT Waskita Karya (Persero).

Sedangkan pekerjaan Jembatan Kali Kenteng hingga sebelum masa mudik, baru mencapai 65 persen. sehingga perlu solusi jalan sementara. Waskita memastikan jalan sementara ini aman untuk dilalui pemudik. Tingkat kemiringan jalannya hanya mencapai 10 persen. 

"Jalan sementara sepanjang 500 meter berada di sisi bawah jembatan," demikian keterangan resmi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, Senin (11/8). (Baca: 5 Ruas Tol Trans Jawa Fungsional Mulai Dibuka untuk Mudik)

Jalan ini memiliki lebar 8 hingga 10 meter dengan kondisi  (alas beton (lean concrete) setebal 10 sentimeter. Jalan ini hanya  dapat dilalui untuk 1 lajur kendaraan. Sepanjang jalan sementara juga dilengkapi rambu, pagar, hingga petugas yang akan mengarahkan kendaraan.

Kendaraan yang melintas juga harus mengalami antrean 30 menit akibat adanya penyempitan jalan dari dua menjadi satu lajur. Ini lantaran jalan sementara ini hanya dapat dilalui satu jalur saja. "Kendaraan melintas perlahan dengan kecepatan 20 kilometer per jam saja," kata dia.

(Baca: Menhub Prediksi Lonjakan Pemudik karena Infrastruktur Membaik)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...