Perbankan Berikan Layanan Terbatas Selama Cuti Lebaran

Martha Ruth Thertina
11 Juni 2018, 13:07
Bank
Agung Samosir | Katadata

Beberapa bank mengadakan layanan terbatas di sejumlah kantor cabangnya saat cuti Lebaran. Layanan terbatas seiring dengan tidak beroperasinya Bank Indonesia (BI) mulai 11-18 Juni. BI baru kembali beroperasi pada 19 dan 20 Juni secara terbatas.

Salah satu bank yang mengadakan layanan terbatas yakni Bank Central Asia (BCA). Sekretaris Perusahaan BCA Jan Hendra mengatakan, pihaknya mengadakan layanan terbatas di 104 kantor cabang bank pada 11 dan 12 Juni, serta 131 cabang bank pada 19-20 Juni. Sedangkan sepanjang 13-18 Juni tidak beroperasi.

(Baca juga: Cuti Panjang Lebaran, Nasabah Disarankan Percepat Bayar Kartu Kredit)

Secara rinci, kantor cabang bisa melayani semua transaksi kecuali valuta asing (valas), Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) dan Real Time Gross Settlement (RTGS) pada 11-12 Juni. Sedangkan SKNBI dan RTGS baru bisa dilakukan kembali saat BI beroperasi terbatas pada 19 dan 20 Juni.

Meski begitu, ia menekankan masyarakat tetap bisa menggunakan berbagai channel elektronik untuk bertransaksi. “Semua e-channel ATM, mobile dan internet tetap jalan, termasuk call center HaloBCA tetap beroperasi,” kata dia kepada Katadata.co.id, pekan lalu. Adapun bank swasta terbesar di Indonesia tersebut menyediakan sekitar Rp 45,7 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang tunai saat momen Lebaran.

Sementara itu, Bank Mandiri menyiapkan 320 kantor cabangnya untuk beroperasi terbatas sepanjang cuti Lebaran. “Hari H juga ada yang buka, tapi terbatas. Terbatas itu tarik, setor (uang) bisa. Yang tidak bisa itu kliring,” kata Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas.

Ia meyakini kebutuhan masyarakat tetap bisa terlayani dengan baik meskipun kantor cabang bank tidak beroperasi penuh. “Untuk kebutuhan normal masyarakat sih aman lah ya, ATM juga semuanya dijaga,” ucapnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...