Tinggalkan Golkar, Titiek Soeharto Pilih Jadi Oposisi Jokowi

Dimas Jarot Bayu
11 Juni 2018, 19:49
Tommy Soeharto
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Ketua Dewan Pembina Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto (ketiga kiri) saat pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) III Partai Berkarya di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (10/3/2018).

Politisi senior Partai Golkar Siti Hediyati Hariyadi alias Titiek Soeharto berpindah haluan mendukung Partai Berkarya yang dipimpin oleh adiknya, Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto. Titiek meninggalkan Golkar yang merupakan partai pendukung pemerintahan, dan memilih beroposisi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Titiek resmi mendeklarasikan dirinya masuk Berkarya di Desa Kemusuk, Yogyakarta, Senin (11/6). Kabar ini dibenarkan oleh Ketua DPP Berkarya, Badaruddin Andi Pinucang melalui pesan singkat. "Betul," kata Andi.

Dalam keterangan tertulisnya, Titiek mengatakan alasan beralihnya dia ke Partai Berkarya untuk memperjuangkan kepentingan rakyat. Titiek menyatakan prihatin dengan keadaan bangsa saat ini.

(Baca juga: Titiek Soeharto Jadi Wakil Ketua MPR, Airlangga Tepis Hasil Negosiasi)

Dia mengkritik pemerintah yang membuka keran tenaga kerja asing di saat ada tujuh juta pengangguran di Indonesia. Dia juga mengkritik pemerintahan lantaran membuka impor, padahal sumber daya alam Indonesia kaya.

Hal lain yang dikritiknya mengenai maraknya penyelundupan narkotika di Indonesia. Menurut Titiek, kondisi itu menyedihkan karena pemerintah tak berkomentar sedikit pun mengenai hal tersebut.

Titiek pun mengatakan tak bisa tinggal diam melihat kondisi tersebut sebagai anak biologis Soeharto. Namun begitu, Titiek mengaku tak bisa banyak mengkritik karena selama ini menjadi kader Golkar yang mendukung pemerintah.

"Oleh karena itu saya memutuskan untuk keluar dari Partai Golkar dan memilih untuk memperjuangkan kepentingan rakyat melalui Partai Berkarya," kata Titiek.

(Baca juga: Menakar Mimpi Besar Tommy Soeharto Jadi Capres di Pemilu 2019)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...