Puji Amien Rais, Jokowi Atur Waktu Bertemu

Ameidyo Daud Nasution
12 Juni 2018, 18:22
Jokowi Sapa Pemudik
www.setkab.go.id
Presiden Jokowi menyapa pemudik di salah satu bis, di Terminal Baranangsiang,Bogor, Jabar, Minggu (9/6/2018)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pujian atas rencana mantan Ketua Umum Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Amien Rais yang akan maju sebagai calon presiden 2019. Jokowi menyebut Amien sebagai tokoh politik yang tidak diragukan lagi pengalamannya.

"Senioritas beliau dalam kancah politik nasional juga tidak diragukan, kemudian juga kapabilitas dan leadership beliau juga saya kira tak ada yang meragukan," kata Jokowi menjawab pertanyaan awak media di Istana Bogor, Selasa (12/6).

Jokowi menyebut kehadiran Amien dapat memberikan alternatif pilihan dalam Pilpres 2019. Dia pun menyatakan telah mengatur waktu untuk bertemu Amien Rais.

Meski demikian Jokowi tidak menjawab gamblang apakah pertemuan akan dilakukan saat lebaran nanti atau tidak. Presiden juga tidak memberitahu apa yang akan disampaikan kepada Amien apabila bertemu. "Kami masih mengatur waktunya," kata Jokowi.

(Baca juga: Manuver Amien Rais Maju Capres 2019 dan Sejarah Pahit dalam Pemilu)

Amien menyatakan keinginannya maju dalam bursa capres Partai Amanat Nasional (PAN) bersaing dengan tiga kandidat lainnya yakni Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Dewan Penasehat PAN Sutrisno Bachir, serta mantan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa.

Amien semangat maju dalam bursa capres karena terinspirasi Mahathir Mohamad yang memenangi pemilihan umum dan terpilih sebagai Perdana Menteri Malaysia meski telah menginjak usia 92 tahun.

"Pak Mahathir satu angkatan di atas Pak Amien bisa memenangkan. Jadi Pak Amien jangan pernah mengatakan (tidak), never say no," kata Amien saat buka puasa bersama tokoh-tokoh PAN di rumah dinas Ketua MPR Zulkifli Hasan di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Sabtu (9/6).

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...