Jembatan Kali Kuto Difungsikan, Jokowi Puji Waskita dan Jasa Marga

Penulis: Ameidyo Daud

Editor: Yuliawati

Kamis 14/6/2018, 13.31 WIB

Dengan dibukanya jembatan Kali Kuto diharapkan akan lebih memperlancar arus mudik dan arus balik.

Jembatan Kalikuto
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra
Pemudik melintasi Jembatan Kalikuto di perbatasan Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (13/6). Jembatan dengan panjang 160 meter dengan kekuatan penahan beban sekitar 16 ton tersebut aman untuk dilewati pengendara pada saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2018.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan jembatan Kali Kuto yang berada di ruas Tol Batang - Semarang Rabu (13/6) sore atau sejak H-2 menjelang perayaan Idul Fitri. Berfungsinya jembatan Kali Kuto mendapat sambutan baik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam laman Facebooknya, Jokowi berterima kasih kepada PT. Waskita Karya (Persero) dan PT. Jasa Marga (Persero) yang menyelesaikan pekerjaan fisik jembatan Kali Kuto.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

"Dengan begitu, pemudik tujuan Semarang, Solo, Surabaya, dan sekitarnya tidak perlu keluar di Gringsing, Batang," kata Jokowi, Rabu (14/6).

Basuki mengatakan jembatan ini melengkapi keberadaan tol Jakarta - Surabaya sepanjang 760 kilometer. Realisasi pembukaan jembatan ini juga sesuai dengan target. "Kalau tidak tersambung rasanya kurang lengkap," kata Basuki dalam keterangan pers Kementerian PUPR. 

(Baca juga: Puncak Arus Mudik pada Rabu, Jakarta-Cikampek Macet Panjang)

 

Basuki kemarin menjajal jembatan sepanjang 164 meter ini dengan menggunakan truk berbobot 16 ton. Dia juga menyebut pada Senin (18/6) besok jembatan dengan jalur ke Jakarta akan dioperasikan.

Dengan dibukanya Jembatan Kali Kuto diharapkan akan lebih memperlancar arus mudik dan arus balik. "Sebagaimana diketahui H-3 dan H-2, serta H+2 hingga H+4 Lebaran menjadi puncak kepadatan lalu lintas Mudik Lebaran 2018," kata Basuki.

Jembatan fungsional ini menggunakan lantai plat baja dengan tebal dua centimeter. Baja tersebut disangga soaring dengan cross girder diikat 20 tali baja. Jembatan juga dilengkapi pagar, median barrier, rambu-rambu, hingga lampu penerangan. Para petugas juga bersiaga membantu dan mengarahkan pemudik.

(Baca juga: 5 Ruas Tol Trans Jawa Fungsional Mulai Dibuka untuk Mudik)

Sebelum jembatan Kali Kuto dapat digunakan, kendaraan yang melintas ruas tol Batang-Semarang harus keluar tol di daerah Gringsing menuju jalan arteri sepanjang 500 meter dan masuk kembali ke ruas tol Batang-Semarang. Meski Jembatan Kali Kuto sudah bisa dilewati namun pintu keluar Grinsing tetap dibuka.

Pembangunan Tol Batang-Semarang termasuk Jembatan Kali Kuto ditargetkan akan rampung pada akhir 2018. “Setelah arus mudik dan balik selesai, pengerjaan jembatan ini akan dilanjutkan kembali,” kata Basuki.

 

Reporter: Ameidyo Daud

Kuis Katadata

Uji Pengetahuan Anda Tentang Pejuang Kemerdekaan Indonesia

Uji Pengetahuan Anda Tentang Pejuang Kemerdekaan Indonesia