Survei Pilkada Jateng: Elektabilitas Ganjar-Taj Yasin Unggul Jauh

Dimas Jarot Bayu
20 Juni 2018, 19:28
Ganjar Pranowo
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Gubernur petahana Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen unggul telak dalam Pilkda Jawa Tengah. Elektabilitas keduanya jauh melampaui rivalnya yakni Sudirman Said - Ida Fauziyah.

Ganjar-Taj Yasin mendapatkan perolehan elektoral sebesar 67,3%. Elektabilitas Ganjar-Taj Yasin terpaut 46,2% dibandingkan elektabilitas  Sudirman-Ida yang sebesar 21,1%. Adapun sebanyak  11,6% responden  belum menandai surat suara.

Hal ini diketahui dari survei Indo Barometer yang dilakukan pada 7-13 Juni 2018. Survei melibatkan 800 responden di Jawa Tengah dengan margin of error sebesar +/- 3,46% dan tingkat kepercayaan 95%. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara tatap muka.

(Baca : Lapor ke Bawaslu, Gerinda Tuding Jutaan DPT Ganda di Jateng)

"Kalau di Jawa Tengah persaingan antara Ganjar-Yasin dan Sudirman-Ida itu agak jauh," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari di Jakarta, Rabu (20/6).

Qodari menyebut Sudirman-Ida akan sulit menyaingi Ganjar-Taj Yasin karena Ganjar merupakan petahana yang telah memiliki basis massa di Jawa Tengah. Pengalaman Ganjar juga telah terbukti dalam lima tahun terakhir.

Halaman:
Editor: Ekarina
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...