Pertamina Akan Pasarkan Gas Elpiji 3 Kg Nonsubsidi Mulai 1 Juli

Image title
22 Juni 2018, 15:48
Depot LPG Pertamina
Arief Kamaludin | Katadata

PT Pertamina (Persero) menyatakan telah siap memasarkan gas Elpiji 3 kilogram (kg) yang tidak bersubsidi atau non-subsidi kepada masyarakat mulai 1 Juli mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyatakan belum bisa memastikan berapa harga jual produk Elpiji baru ini. Dia hanya memastikan, Elpiji jenis ini akan dipasarkan ke wilayah distribusi produk Elpiji tabung 12 kg.

Nicke juga belum bisa mengungkapkan berapa banyak jumlah tabung Elpiji 3 kg yang akan dilepas untuk dijual bulan depan. "Ini sedang kami lihat dulu. Kami lihat juga stoknya nanti terakhir bagaimana," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Jumat (22/6).

(Baca: Menteri ESDM Dorong Pengembangan CBM untuk Gantikan Elpiji)

Menurutnya, alasan utama Pertamina meluncurkan produk Elpiji 3 kg non-subsidi adalah karena adanya permintaan dari masyarakat. Banyak masyarakat yang sebenarnya mampu, tapi membeli Elpiji bersubsidi, karena produk Elpiji tabung 3 kg hanya ada yang bersubsidi. 

Dia mencontohkan masyarakat yang tinggal di komplek perumahan dan apartemen yang sebenarnya memerlukan Elpiji 3 kg non-subsidi. "Dia ngapain beli yang besar (elpiji 12 kg)? Karena demand ada, makanya kami siapkan," kata Nicke.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...