SKK Migas Catat Cadangan Asap, Merah, Kido Capai 270 MMBOE

Arnold Sirait
22 Juni 2018, 09:00
Rig
Katadata

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) telah menghitung jumlah  cadangan migas di Lapangan Asap, Merah dan Kido. Temuan dari tiga lapangan yang masuk proyek Kasuri ini akan menambah cadangan migas nasional.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Wisnu Prabawa Taher mengatakan Lapangan Asap, Merah dan Kido ini merupakan satu dari yang disetujui pemerintah tahun ini. “Penambahan cadangan migas dari pengembangan lapangan Asap-Merah-Kido sekitar 270 MMBOE,” kata dia kepada Katadata.co.id, beberapa waktu lalu.

Tambahan dari Asap, Merah dan Kido ini membuat rasio penggantian cadangan migas nasional Reserve Replacement Ratio/RRR) menjadi 154%. Targetnya hanya 100%. 

Lapangan Asap, Merah dan Kido memang masuk dalam Blok Kasuri. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan persetujuan pengembangan (Plan of Development/PoD) Blok Kasuri, April tahun ini.

Genting Oil sebenarnya sudah mengajukan PoD di Blok Kasuri sejak awal tahun 2017. Akan tetapi, proposal Genting dikembalikan SKK Migas karena biaya yang diajukan perusahaan asal Malaysia dianggap terlalu mahal.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...