Jawab SBY, Wiranto Bantah Ada Rekayasa Pengangkatan Pj Gubernur

Dimas Jarot Bayu
26 Juni 2018, 06:39
Pelantikan Gubernur Jabar Iriawan
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (kiri) memasang tanda pangkat kepada Penjabat Gubernur Jawa Barat Komjen Pol M. Iriawan (kanan) saat pelantikan di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Senin (18/6). Kementerian Dalam Negeri menunjuk Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) M Iriawan sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Wiranto memastikan tak ada rekayasa dalam pemilihan Penjabat (Pj) Gubernur dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018, khususnya di Jawa Barat. Pernyataan ini merespons kritik Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menyebutkan Polri, TNI, dan BIN tak netral dalam Pilkada.

Wiranto mengatakan pemerintah telah cermat mengkaji pengangkatan Komjen (Pol) Mochammad Iriawan sebagai Pj Gubernur Jawa Barat. Menteri Hukum dan HAM, Menteri Dalam Negeri, serta Kapolri telah mempelajari undang-undang terkait pengangkatan Pj Gubernur Jawa Barat yang berasal dari anggota kepolisian.

Menurut Wiranto, pengangkatan Iriawan di Jawa Barat karena faktor keamanan.  Iriawan dianggap sebagai pejabat yang mengetahui persis persoalan keamanan di tanah Pasundan, bukan dalam rangka memenangkan pasangan calon tertentu.  

(Baca : Mendagri Klaim Komjen Iriawan Jabat Pj Gubernur Jabar sesuai Aturan)

Dia pun  mempersilahkan tokoh politik yang masih mencurigai pengangkatan Iriawan bertemu dengannya dan berdiskusi terkait pandangannya. "Tidak ada sedikitpun keinginan pemerintah untuk melakukan rekyasa, tipu daya untuk mendapatkan keuntungan politik," kata Wiranto di Mabes Polri, Jakarta, Senin (25/6).

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...