Libur Pilkada Serentak, Beberapa Kantor Cabang Bank Tetap Buka

Martha Ruth Thertina
26 Juni 2018, 20:58
Bank
Agung Samosir | Katadata

Perbankan, terutama bank-bank besar, terpantau bakal menggelar operasional terbatas saat libur dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada Rabu (27/6). Dengan demikian, beberapa kantor cabang bank bakal tetap buka.

Sekretaris Perusahaan Bank Central Asia (BCA) Jan Hendra menjelaskan, pihaknya menyiagakan sekitar 160 kantor cabang untuk memberikan layanan terbatas. Di luar itu, ia menjelaskan kanal elektronik siap melayani nasabah untuk berbagai transaksi keuangan.

Advertisement

“Jaringan elektronik seperti ATM, internet dan mobile banking tetap melayani para nasabah dalam melakukan transaksi keuangan,” kata dia kepada Katadata.co.id, Selasa (26/6).

(Baca juga: 171 Daerah Akan Melangsungkan Pilkada Serentak 2018)

Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Mandiri, dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) juga menggelar layanan terbatas, selain menyiagakan kanal-kanal elektronik untuk berbagai transaksi keuangan. Informasi detail mengenai kantor cabang yang beroperasi bisa diperoleh dari kantor cabang terdekat ataupun dengan menghubungi call center masing-masing bank.

Adapun saat operasional terbatas, perbankan tetap bisa memberikan layanan Real Time Gross Settlement (RTGS) dan kliring. Hal itu lantaran Bank Indonesia (BI) tetap menyelenggarakan kedua layanan tersebut. BI hanya meniadakan operasi moneter valuta asing (valas). Perbankan dan BI akan kembali beroperasi penuh pada Kamis (28/6).  

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement